Cara Cerdas Memanfaatkan Benda-Benda Di Sekitar Kita

Kumpulkan Botol Plastik [pixabay.com]

Halo Miks!

Sebagai ibu rumah tangga kita selalu berhadapan dengan masalah-masalah di rumah. Perlengkapan masak yang rusak, barang-barang kebutuhan keluarga yang harus diganti dan permasalahan lain. Bila keuangan keluarga longgar, tentu tidak masalah bila harus membeli barang-barang baru setiap kali ada yang rusak. Tapi, bila itu tidak mungkin dilakukan, kita harus bisa kreatif dalam memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar kita. Ini ada beberapa cara cerdas untuk memanfaatkan benda di sekitar kita.

 

  1. Tas Belanja dari Kaos Bekas

Saat ini sedang pemerintah sedang menggalakkan pengurangan pemakaian kantong plastik sekali pakai. Padahal, plastic sekali pakai itu sangat praktis dan mudah digunakan, sehingga hampir semua pedagang di pasar menggunakannya untuk membungkus barang dagangan mereka. Karena itu semua orang disarankan membawa tas belanja sendiri, saat berbelanja. Nah, daripada membeli tas belanja baru, kita bisa merubah kaos bekas yang sudah tidak terpakai lagi sebagai tas belanja. Cara membuatnya mudah, kok, bahkan tidak perlu dijahit. Pertama, potong kedua lengan dan bagian bawah kaos. Lalu gunting bagian bawahnya membentuk rumbai. Lalu ikat rumbai-rumbai tersebut, rumbai dari bagian depan diikat dengan rumbai bagian belakang kaos. Setelah semua rumbai diikat, tas sudah siap untuk digunakan. Bagian bahu akan menjadi pegangan tasnya. Dan tas bisa dicuci dengan deterjen setiap Anda selesai berbelanja.

 

  1. Botol Plastik Bekas Sebagai Bangku Anak

Kumpulkan 5 sampai 7 botol plastik bekas dengan ukuran yang sama. Bersihkan dan keringkan botol. Jangan buang tutupnya. Setelah botol kering, pasang lagi tutup botolnya. Susun botol menjadi bentuk lingkaran dan ikat dengan kuat menggunakan isolasi atau tali raffia. Pastikan ikatan sudah kencang dan kuat. Balik bangku botol tersebut sehingga bagian tutupnya di bawah. Tutup bangku botol dengan kain sarung atau taplak meja dan bangku anak pun siap dipakai. Anda bisa membuat beberapa bangku jika persediaan botol plastik bekasnya banyak.

 

  1. Gunakan Double Tape sebagai Pengganti Paku

Bila ingin menggantung benda di dinding tapi Anda tidak memiliki paku, Anda bisa menggunakan double tape yang besar sebagai gantinya. Double tape yang digunakan harus double tape yang besar dan tebal, bukan double tape yang untuk kertas ya. Anda bisa menggunakan double tape ini bila ingin menempelkan stop kontak atau colokan listrik di dinding, atau menempelkan gantungan baju di balik pintu atau di dinding. Double tape ini cukup kuat dan tidak akan merusak dinding bila suatu saat nanti Anda ingin melepaskannya.

 

Nah, itulah beberapa ide yang dapat digunakan untuk memanfaatkan benda-benda di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

 

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-20

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like