Intip, Yuk! 7 Tips Agar Pekerjaan Rumah Tangga Menjadi Lancar

Bersihkan Kerak Makanan dengan Kentang dan Garam [pixabay.com]

Halo, Miks.

Melakukan pekerjaan rumah tangga merupakan bagian dari kegiatan seorang ibu rumah tangga. Akan menyenangkan rasanya, bila pekerjaan itu dibantu asisten rumah tangga. Sayangnya, tidak semua ibu rumah tangga mendapatkan privilese itu. Pada akhirnya, semua tugas rumah tangga harus dikerjakan para ibu sendiri dengan ikhlas.

Hal yang jarang diketahui, ternyata ada beberapa tips untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga, terutama pekerjaan membersihkan rumah, yang terkadang menyita waktu. Bahan-bahannya pun hanya menggunakan bahan yang kerap ada di rumah. Simak tipsnya, ya!

1. Membersihkan Jelaga dengan Cangkang Telur Ayam

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang selalu ada di rumah. Selain simpel, telur ayam juga sangat digemari anak sebagai lauk. Perlu diingat, ya, Miks! Jangan membuang cangkang telur ayam, karena bermanfaat untuk membersihkan jelaga di alat masak. 

Membersihkan jelaga yang tertinggal lama di alat masak sangat menyita waktu. Akibatnya, membuat kita mengabaikannya karena jelaga tak kunjung hilang. Coba, deh, meremukkan cangkang telur ayam yang baru dipecahkan. Kemudian, gosokkan ke alat masak yang berjelaga, lalu bilas dengan air. Ulangi sampai jelaga hilang. Pasti alat masak menjadi cling kembali.

2. Membersihkan Noda dengan Minuman Bersoda

Rasanya yang manis dan menyegarkan, membuat minuman bersoda sangat digemari keluarga, walaupun kandungannya dapat memperberat kerja ginjal bila sering dikonsumsi. Minuman ini juga bermanfaat dalam membersihkan karat, lo. Seperti karat yang terdapat pada sendok. Manfaat lainnya, bisa untuk membersihkan noda oli yang belum lama berceceran di lantai.

3. Memperkuat Gantungan Paku dengan Sabun Mandi Batangan

Mengesalkan, ya, Miks, bila pajangan yang digantung jatuh melulu, karena lubang paku yang longgar. Jangan terburu-buru membuat lubang yang baru, ya. Coba untuk menggesek-gesekkan sabun mandi batangan di atas dinding yang berlubang, untuk mengisi ruang dalam lubang tersebut. Lalu, tancapkan lagi paku pada lubang, pasti gantungan pakunya kembali kuat.

4. Mengisi Tinta dengan Parfum

Pernah mengalami kehabisan tinta spidol saat menulis? Mau ganti alat tulis lain,  tiba-tiba saja susah ditemukan, karena sedang terburu-buru. Jangan panik, ya. Cukup semprotkan parfum ke ujung spidol, maka kegiatan menulis kembali lancar.

5. Membuat Berondong Jagung dengan Catok Rambut

Mencamil berondong jagung sangat menyenangkan saat menonton film di rumah. Hingga, tidak terasa, berondong habis karena keasyikan nonton.  Tersisa jagung keras yang tidak berhasil meletup menjadi berondong. Eits, jangan dulu dibuang, ya. Ambilah alat catok rambut listrik, lalu nyalakan. Setelah panas, jepit jagung sampai meletup menjadi berondong. Praktis, bukan.

6. Membersihkan Karat dengan Sabun Mandi, Minuman Bersoda, dan Air

Sebagaimana diketahui, cairan pembersih karat yang umum berada di pasaran, memiliki bau yang sangat menyengat, dan juga merusak kulit. Hak ini membuat kita tidak tahan menghadapinya. Ternyata, ada alternatif lain untuk membersihkan karat pada porselen atau kloset, yaitu dengan mencampurkan parutan sabun mandi batangan, minuman bersoda tak berwarna, dan air, sampai menjadi larutan. Kemudian, larutan disemprotkan kepada kloset yang berkarat, lalu diseka dengan lap. Selamat mencoba!

7. Membersihkan Kerak Makanan dengan Garam dan Kentang

Makanan yang digoreng biasanya terasa lezat dan menggiurkan, walaupun makanan ini tidak dianjurkan karena tidak baik untuk kesehatan. Terkadang kita menemukan kesulitan pada saat menggoreng, yaitu ada sisa makanan yang menempel di wajan hingga harus dibersihkan dengan kawat pembersih. Namun, menggunakan kawat dapat merusak lapisan wajan, terutama wajan berlapis teflon. Jangan khawatir, kita bisa membersihkannya dengan air dan kentang. 

Caranya, taburkan garam ke area tempelan, lalu belah kentang menjadi dua. Gunakan potongan kentang untuk membersihkan kerak makanan, dengan bagian dalam berada di bawah. Getah kentang dan garam dapat membersihkan kerak makanan di wajan. 

 

Demikian, 7 tips jitu untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga dengan bahan-bahan yang familiar. Selamat mencoba!

 

Ditulis untuk Tantangan Menulis Makmood Publishing hari ke-20

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like