Kitchen Life hack : Coba 10 Ide ini, Urusan Dapur Jadi Mudah.

Memotong Bombay Tanpa Nangis [pixabay.com]

Halo, Miks!

Anda tentu suka memasak. Saat memasak, beragam kegiatan dilakukan. Beberapa tak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Nah, kitchen life hack dapat Anda lakukan untuk mempermudah kegiatan memasak.

Life hack adalah ide kreatif atau trik yang digunakan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Life hack juga merupakan solusi atas masalah yang umum dijumpai. Life hack biasanya adalah hal-hal sederhana, namun memberikan hasil yang lebih cepat, tepat, dan efisien.

Sebenarnya, banyak life hack yang bisa Anda temui sehari-hari, termasuk saat memasak di dapur. Berikut 10 kitchen life hack sederhana yang dapat Anda coba.

  1. Mengawetkan Telur

Khawatir telur Anda cepat rusak? Tanpa menyimpannya di dalam kulkas, Anda dapat mengawetkan telur. Simpan telur dalam kotak atau kaleng kering yang berisi garam. Garam berfungsi membuat telur tetap kering. Telur akan tahan disimpan dalam jangka waktu panjang.

  1. Membuat Telur Rebus yang Sempurna dan Mudah Dikupas

Mengupas telur rebus tidak semudah yang nampak.  Kadang hasil kupasan tidak sempurna. Bila Anda ingin hasil kupasan yang bagus, tambahkan ½ sendok teh baking soda  ke dalam air rebusan telur. Telur yang telah direbus akan mudah dikupas.

  1. Mengetahui Telur yang Bagus

Kadang telur yang rusak terlanjur masuk ke dalam panci atau wajan saat memasak. Bila Anda ingin mengetahui kondisi telur sebelum dimasak, celupkan telur ke dalam gelas berisi air. Bila telur tenggelam berarti masih bagus. Bila melayang, telur itu harus segera digunakan. Bila telur mengapung berarti sudah busuk atau rusak.

  1. Memisahkan Putih dan Kuning Telur

Anda mengalami kesulitan saat memisahkan putih dan kuning telur? Siapkan sebuah botol plastik dan 2 buah wadah. Pecahkan telur dalam wadah pertama. Tekan badan botol plastik dan dekatkan pada kuning telur. Angkat dan pisahkan kuning telur tersebut ke dalam wadah kedua.

  1. Mengupas Bawang Putih

Anda kadang malas mengupas bawang putih. Bau bawang akan tertinggal di tangan meski telah dicuci. Cara ini akan membuat kegiatan mengupas bawang menjadi mudah.  Kumpulkan bawang putih yang akan dikupas di atas talenan. Geprek dengan piring atau pisau lebar. Siapkan toples kering. Masukkan bawang putih tersebut ke dalamnya. Kocok toples hingga kulit bawang putih lepas.

  1. Memotong Bawang Bombay Tanpa Menangis

Masukkan bawang bombay yang akan dipotong ke dalam lemari es selama 30 menit, kemudian iris. Anda tidak akan menangis saat mengiris, namun hasil irisan tersebut harus segera dimasak. Anda juga dapat menguyah makanan selama merajang bawang. Menguyah akan membuat Anda tidak menangis.

  1. Menjaga Kesegaran Pisang

Pisang termasuk buah yang cepat masak. Pisang yang sudah terlalu matang akan lembek dan menghitam. Anda dapat menjaga kesegaran pisang dengan memisahkannya satu per satu dari sisirnya. Bungkus setiap ujung tangkainya dengan plastik atau cling wrap. Hal ini akan memperlambat kematangan buah pisang.

  1. Mengiris Banyak Bahan dalam Satu Irisan

Memotong bahan-bahan kecil satu persatu akan memakan waktu lama. Agar Anda dapat menghemat waktu, letakkan bahan yang akan dipotong dengan cara menumpuknya ke atas pada sebuah wadah datar. Tindih bagian atas dengan wadah datar lainnya. Iris bersamaan bahan-bahan tadi dari atas ke bawah.

  1. Menjaga Agar Makanan Tidak Meletus Saat Digoreng

Menggoreng kerap menakutkan bagi Anda yang baru belajar memasak. Agar masakan anda tidak meletus saat digoreng, kurangi kelembapannya. Letakkan bahan makanan di atas serbet atau kertas. Masukkan selembar roti untuk mengetahui apakah minyak yang Anda panaskan sudah siap. Hal ini dapat mengurangi tingkat keasaman pada minyak. Setelah minyak cukup panas, masukkan bahan makanan yang akan digoreng.

  1. Mencegah Air Rebusan Meluap dari Dalam Panci

Anda tentu pernah mengalami saat air rebusan makanan meluap tumpah keluar panci. Bila tak ingin hal itu terjadi, letakkan sendok kayu melintang di atas bibir panci.

 Nah, Miks. Kitchen life hack sederhana tersebut bisa Anda coba.

Selamat memasak.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-20

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like