Life Hack, Mempermudah Hidupmu. Temukan Tips Cerdas untuk Merawat Tanamanmu!

Mengilatkan Daun [pixabay.com]

 

Hai, Miks!

Di zaman serba digital ini, informasi sangat mudah didapatkan. Berbagai platform media menyajikan bermacam-macam informasi, baik yang bermanfaat maupun yang kurang  bermanfaat. Termasuk informasi-informasi terkait dengan life hack, tips-tips yang sangat bermanfaat, yang akan mempermudah kehidupan kita sehari-hari.

Life hack ditemukan oleh orang-orang yang kreatif, yang akan membantu banyak orang dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan computer dan dalam kehidupan sehari-hari. Mau tahu, Miks? Simak tips berikut agar mudah merawat tanaman ya, MIks!

Menyiram Tanaman Gantung Tanpa Meneteskan Air

Tanaman gantung memang indah dipandang mata, hanya sewaktu menyiram kalau tidak diturunkan tanamannya, pasti airnya akan menetes dan mengotori lantai. Untuk menjaga agar air siraman tidak menetes ke lantai, bisa digunakan es batu untuk menyiram tanaman gantung.  Caranya, letakkan es batu pada pot. Es batu akan mencair secara perlahan dan meresap ke dalam tanah pada pot tanpa menetes. Lantai akan terbebas dari tetesan air dan bebas dari becek.

Mengairi Tanaman Pot secara Praktis

Sudah mulai masuk musim kemarau, lo, Miks! Tanaman apabila kita lalai menyiraminya, akan layu dan bisa mati. Sayang sekali, kan? Ada cara mudah agar kita tidak perlu harus sering menyiram tanaman. Nah, sabut kelapa banyak sekali manfaatnya. Sabut kelapa bisa juga dimanfaatkan untuk mengairi tanaman pot dan menjaga kelembaban tanah pot. Sehingga kita tidak perlu mengairi tanaman setiap hari. Caranya, lingkarkan sabut kelapa di bagian bawah batang, kemudian beri air pada sabut kelapa tersebut. Sabut kelapa yang bersifat menyimpan air, akan membantu tanah tetap lembab dan menjaga dari kekeringan.

Mengilapkan Daun Tanaman Hias

Pada musim kemarau, tanaman hias di rumah kita akan terkena debu dan terlihat kusam. Sementara, bagi pecinta tanaman hias, tanaman harus dijaga keindahan daun dan kesehatan tanamannya. Untuk mengilapkan kembali daun tanaman yang terkena debu, dengan menggunakan baby oil yang dicampur dengan air. Caranya, masukkan campuran itu ke dalam botol penyemprot, semprot daun-daun tersebut dengan larutan tersebut. Setelah itu di lap dengan lap yang halus. Hasilnya, daun akan tetap mengilap dan indah dipandang mata.

Membasmi Rumput Liar

Rumput liar yang yang tumbuh akan mengganggu keindahan dan kesehatan tanaman. Untuk membersihkan akan membutuhkan waktu yang lama, selain itu harus dibersihkan sesering mungkin. Untuk membersihkan rumput liar, agar tidak tumbuh lagi, kita bisa taburkan garam halus pada rumput liar tersebut. Bisa juga ditaburkan pada tanaman pengganggu lain. Penaburan garam halus dilakukan berulang kali. Hasilnya, halaman dan kebun kita, terbebas dari rumput liar dan tanaman pengganggu.

Menghalau Hama Bekicot

Bekicot sukanya tinggal di tempat yang lembab dan sering ditemukan pada tanaman bunga. Selain mengganggu pemandangan, bekicot juga dapat merusak tanaman. Untuk menghalau bekicot, dapat dilakukan dengan menaburkan serbuk gergaji di sekitar daun dan batang tanaman. Alhasil, bekicot tidak akan mendekati tanaman. Sebaiknya, hal ini segera kita lakukan pada tanaman-tanaman hias kita, agar tidak ada hama bekicot yang mendatangi. Karena kalau sudah banyak, akan susah untuk mengusirnya.

Mengusir Ulat pada Tanaman Hias

Hal yang paling ditakutkan dari tanaman hias adalah keberadaan ulat yang hinggap di daun-daun tanaman kita. Ulat akan merusak tanaman, selain itu juga mengganggu pemandangan. Untuk mengusi ulat, kita taburkan bubuk abu kayu bakar pada daun atau bunga yang diserang ulat. Lakukan berulang kali, sampai ulatnya hilang. Nah, tanaman terbebas dari ulat, tanaman kita akan tetap sehat.

 

Nah, Miks! Mudah bukan? Kita tetap dapat memiliki tanaman yang indah dan sedap dipandang mata, tanpa kita repot mengurusnya. Life hack, ternyata betul-betul membantu hidup kita menjadi lebih mudah ya. Selamat mencoba, Miks!

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-20

4 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like