Memasak dengan Waktu Singkat, 4 Tips Ini Bisa Kamu Lakukan

Bumbu Dasar [pixabay.com]

Halo, Miks!

Memasak merupakan bagian keseharian ibu rumah tangga. Banyak waktu yang tercurahkan di dapur untuk membuat makanan untuk keluarga. Padahal, sebagian ibu rumah tangga tak hanya mengurusi masak memasak saja, banyak kegiatan lain di rumah yang harus diperhatikan, apalagi ibu pekerja yang banyak kegiatan lain di luar rumah.

Berikut tips mempersingkat waktu memasak agar ibu rumah tangga maupun ibu pekerja bisa mengerjakan aktivitas lainnya tepat waktu.

1. Siapkan Bumbu Dasar

Di resep memasak apapun, bumbu dasar yang digunakan relatif sama. Nah, kamu bisa menyiapkan bumbu dasar ini untuk stok selama satu minggu maupun satu bulan. Jika dibutuhkan bumbu ini bisa langsung digunakan tanpa harus meracik bumbu lagi dari awal. Bumbu dasar ini biasanya dari bahan-bahan berupa bawang merah, bawang putih dan cabai. Kamu bisa menyimpan bumbu ini dalam kulkas, sehingga tahan lama.

2. Simpan Bahan Masakan Dalam Keadaan Bersih

Setelah berbelanja atau pada saat ada waktu luang, usahakan semua bahan makanan yang kamu stok di rumah sudah dicuci dan tersimpan dalam keadaan bersih. Bahan masakan seperti Ikan, daging, ayam, sayuran dan lain-lain sudah siap digunakan ketika ingin memasak tanpa harus membersihkannya lagi.

3. Didihkan Air di Awal Memasak Makanan Berkuah

Memasak makanan yang berkuah akan lebih cepat prosesnya jika menambahkan air mendidih. Didihkan air di awal masak, kemudian bersamaan dengan menyiapkan bumbu, lalu tuangkan air mendidih ke dalam bahan masakan yang sudah berbumbu.

4. Menyimpan Bahan Masakan Setengah Matang

Tips satu ini memotong waktu memasak menjadi lebih singkat. Simpan bahan masakan yang sudah setengah matang, paling tidak proses awal memasak sudah terlewati. Masak bahan dasar dalam keadaan setengah matang, seperti daging atau ayam yang sudah di ungkep, kemudian simpan di dalam kulkas.

Mengatur waktu di dapur tidaklah mudah. Apalagi berurusan dengan masakan yang membutuhkan pengolahan lebih lama. Namun, tidak menutup kemungkinan proses pengolahan masakan bisa dipersingkat dengan tips di atas. Selamat mencoba, Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like