Banyak orang menganggap kalau masak itu adalah kegiatan yang ribet. Tak hanya repot saat memasak, namun saat menyiapkan bahan hingga merapikan kembali dapur menjadi pekerjaan yang cukup menyita tenaga. Tapi tahukah Miks, ada beberapa tips masak tanpa ribet yang dapat diikuti? Berikut ulasannya.

Persiapkan bahan masakan

Pikirkan menu yang akan dimasak. Pastikan semua bahan telah siap agar tidak ada yang kurang atau bahkan belum ada sehingga dapat menghambat proses memasak. Perhitungkan juga jumlah porsi untuk setiap jenis masakan sesuai dengan anggota keluarga. Ini akan membantu Miks untuk memasak sesuai kebutuhan dan tidak perlu bolak balik ke dapur hanya karena porsi makanan yang kurang.

Siapkan alat masak

Dapur yang lengkap dengan peralatan masak pasti akan membuat Miks nyaman ketika mengeksekusi bahan masakan. Namun keluarkanlah alat masak yang benar-benar akan digunakan saja. Jika perlu, gunakan satu alat untuk beberapa kegiatan.

Misalnya wadah bekas mencuci daging bisa kita gunakan kembali untuk sayuran atau lainnya setelah daging masuk ke dalam panci. Intinya, tak perlu mengeluarkan barang yang tak perlu atau tak sesuai, ini hanya akan membuat lelah saat merapikan kembali barang-barang saat selesai masak.

Fokus untuk memasak

Hentikan kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi saat memasak. Hindarilah multitasking atau mengerjakan beberapa kegiatan saat memasak, selain membuat cepat lelah kegiatan yang dilakukan itu tidak akan memberi hasil yang maksimal. Tak jarang kejadian masakan yang gosong karena disambi dengan melakukan kegiatan lain. Tentu tak mau hal itu terjadi kan, Miks?

Susun step by step memasak

Tak perlu terlalu kaku dalam membuat langkah-langkah ketika memasak. Cukup pikirkan apa yang harus dilakukan secara berurutan ketika memasak. Susunlah strategi masak sesuai dengan kebutuhan sehingga membuat nyaman saat berada di dapur. Langkah ini akan mengefektifkan waktu dan juga tenaga.

Rapikan alat masak

Ini langkah yang perlu diperhatikan dengan baik, merapikan kembali semua peralatan masak yang telah digunakan. Cuci bersih dan simpan kembali ke tempatnya. Ini akan memudahkan Miks untuk menggunakannya kembali saat memasak keeseokan hari.

Libatkan anggota keluarga

Sesekali ajaklah anak atau pasangan untuk masak. Selain membantu ringankan pekerjaan di dapur, ini akan menjadi ajang untuk mempererat hubungan dengan mereka. Hindarilah pikiran repot saat melibatkan anak saat memasak. Pikirkanlah bahwa kegiatan memasak dapat memberi hal positif bagi tumbuh kembang mereka.

Memasak memang tak dapat dipisahkan dari rutinitas seorang ibu rumah tangga. Tak hanya menjalankan tugas, naluri untuk menyediakan makanan akan tumbuh dengan sendirinya untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga. Semoga tips masak tanpa ribet ini dapat membantu ya, Miks.

Selamat mencoba.

 

Tantangan Menulis Makmood Publishing Hari Ke-19

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.