Tanaman Berkhasiat dalam Kuliner Nusantara : Antara Khasiat dan Resep Masakan

Tanaman Berkhasiat dam Kuliner Nusantara [Makmood Publishing]

Judul Buku               : Tanaman Berkhasiat dalam Kuliner Nusantara
Penulis                       : Eka Damayanti, dkk

Tata Letak                 : Lia Susanto
Penerbit                     : Makmood Publishing
Tahun Terbit             : April 2020 (cetakan pertama)
Jumlah halaman      : 228 halaman
Ukuran Buku            : 14 cm x 20 cm
Jenis Buku                 : Non Fiksi
ISBN                           : 978-623-93109-4-3

 

Hai, Miks!

Apa yang Anda bayangkan saat membaca buku tentang tanaman berkhasiat? Umumnya, pikiran Anda akan memusatkan perhatian pada khasiat tanaman tersebut. Begitu pun saat Anda membaca buku tentang kuliner. Pikiran Anda akan membayangkan tentang berbagai resep masakan bukan?

Bila kedua tema tersebut berada dalam sebuah buku, apa yang Anda bayangkan?

Miks, Anda tentu tahu bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam. Begitu banyak tanaman berkhasiat yang mudah dijumpai. Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan  Republik Indonesia (1986), terdapat lebih dari 900 tanaman yang dinyatakan sebagai tumbuhan obat. 280 diantaranya telah didaftarkan ke BPOM.

Para penulis buku Tanaman Berkhasiat dalam Kuliner Nusantara bermaksud untuk mengangkat berbagai tanaman yang berkhasiat tersebut. Tanaman yang diangkat umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang tidak menyadari bahwa makanan yang sedang dinikmati tidak hanya memiliki cita rasa yang khas di lidah, namun juga memiliki khasiat sebagai obat.

Para penulis mengawali tulisannya dengan menceritakan berbagai khasiat dari tanaman yang mereka angkat. Anda dapat menemukan referensi yang cukup lengkap. Beberapa penulis melengkapi dengan asal-usul dan nama latin tanaman, kelebihan setiap tanaman, berikut efek samping yang mungkin dirasakan. Penulis kemudian menutup tulisan dengan menyajikan resep masakan yang menggunakan tanaman tersebut.

Pada pengantar buku terdapat slogan untuk menjadikan makanan sebagai obat dan bukan menjadikan obat sebagai makanan. Slogan ini tergambar dalam beberapa tulisan yang lebih menekankan tentang makanan. Namun, beberapa penulis juga menekankan bagaimana mengolah tanaman tersebut menjadi obat.

Hal yang menarik dari buku ini adalah keragaman gaya penulisan dari setiap penulis. Penulis nampaknya diberikan kebebasan untuk menuangkan ide sehingga buku ini memiliki keunikan tersendiri. Anda dapat menjumpai tulisan bergaya non fiksi dengan bahasa yang baku. Ada pula yang menulis dengan bahasa yang agak bebas. Dalam tulisan lain, Anda akan menjumpai penulis yang menggunakan gaya tulisan fiksi sebelum masuk ke gaya non fiksi.  Kebebasan penulisan tersebut membuat Anda tidak merasa bosan membaca buku ini.

Keragaman lain juga ditampakkan dalam pemilihan menu masakan. Penulis bebas menentukan tema dari jenis makanan dan minuman yang akan disajikan. Anda akan menemukan resep minuman, kudapan, makanan pembuka, makanan utama, juga dessert.

Keanekaragaman tadi tentu akan memudahkan pembaca bila dilakukan pengelompokan dalam penyusunan daftar isi berdasarkan kriteria yang ingin ditekankan. Buku dapat dikelompokkan berdasarkan jenis tanaman, misalkan berbagai rimpang, sayuran, dan buah-buahan. Buku juga dapat disusun berdasarkan menu yang disajikan, seperti aneka minuman, kudapan, atau makanan utama.

Mengolah tanaman berkhasiat dalam kuliner yang penuh cita rasa tentu akan memberikan warna dalam menyajikan hidangan lezat bagi keluarga.

Nah, Miks. Buku ini dapat dimasukkan dalam daftar buku untuk melengkapi koleksi Anda.

 

Tantangan Makmood Publishing hari ke-21

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like