6 Tips Memilih Sekolah Bagi Anak

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Mungkin saat ini para orang tua sudah menerima hasil proses belajar Ananda selama di rumah dan di sekolah yang artinya tahun ajaran akan kembali di buka bagi anak–anak usia sekolah. Orang tua yang memiliki putra–putri di usia TK atau PAUD akan mulai di sibukkan untuk memilih apakah akan menyekolahkan anak–anak saat ini atau menunggu situasi mereda, semua kembali pada pilihan masing-masing. Nah, untuk para orang tua yang sedang mencari sekolahan pertama untuk Ananda berikut ini ada tips yang bisa dijadikan masukan untuk para orang tua. Yuk! Simak.

1. Cek Daftar Sekolah

Jika orang tua tak punya banyak waktu mencari sekolahan bisa mencari daftar sekolah melalui web http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/ dari kemendikbud. Lihat apakah sekolah tujuan Ananda terdaftar di dalam daftar Kementrian Pendidikan. Selain mencari alamat lengkap calon sekolahan. Situs ini juga menyediakan informasi seputar sekolahan terkait dari alamat lengkap, jumlah siswa dan nilai akreditasi sekolahan.

2. Pertimbangkan Jarak Tempuh

Selain faktor background sekolahan, orang tua juga perlu mempertimbangkan jarak tempuh sekolah dengan rumah karena untuk memilih sekolah usia dini (PAUD atau TK) di sarankan untuk tidak terlalu jauh mengingat anak–anak masih dalam proses belajar menyesuaikan jadwal harian, jangan sampai rasa lelah dalam perjalanan justru menghilangkan semangat anak–anak dalam menuntut ilmu.

3. Fokus pada Kebutuhan Anak

Carilah sekolah yang memang memahami kebutuhan perkembangan Ananda, diharapkan sekolah memiliki visi misi yang sama dengan orang tua agar orang tua dan pihak sekolah sama–sama membimbing proses pembelajaran Ananda dengan baik sehingga tumbuh kembang anak menjadi optimal. Lihat bagaimana kegiatan pembelajaran apakah mencakup kepada enam aspek perkembangan anak yaitu moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni karena enam aspek ini penting bagi perkembangan anak di tahap awal mereka.

4. Lingkungan

Setelah menentukan sekolah, saatnya orang tua melihat secara fisik calon lingkungan sekolah Ananda. Kebutuhan anak–anak ditahap awal adalah bergerak aktif seperti berlari dan eksplorasi, pastikan bahwa sekolah memiliki faktor pendukung untuk kebutuhan anak. Memberikan anak–anak ruang untuk bergerak bebas, mengasyikkan dan aman bagi anak–anak untuk belajar dan bermain.

5. Kurikulum atau Program Belajar

Hal yang juga tak kalah pentingnya dalam menentukan sekolah anak adalah dalam hal program belajar mengajar. Kebutuhan anak usia dini (PAUD atau TK) adalah dalam tahap bersosialisasi, mencari teman berkenalan dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu, pastikan bahwa program belajar disekolah mampu untuk memberikan fasilitas tersebut pada anak dengan baik. Pastikan juga ada program untuk melatih kemandirian anak–anak di masa mendatang, seperti latihan ke toilet, memakai dan melepas sepatu sendiri, makan sendiri, dan banyak hal mandiri lainnya.

6. Biaya

Hal yang tak bisa dihindari selain lima hal di atas adalah faktor biaya, pastikan bahwa orang tua memiliki kemampuan untuk dapat menyekolahkan anak sesuai dengan kemampuan dan keuangan keluarga. Tak perlu memaksakan jika keuangan keluarga tak mencukupi harus bersekolah di sana. Karena pendidikan adalah proses jangka panjang maka orang tua harus bisa memikirkan biaya sekolah hingga menyelesaikan masa studinya.

Nah, semoga saran ini bisa bermanfaat bagi Anda semua untuk mencari sekolah terbaik bagi putra–putrinya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like