7 Tips Memulai Bisnis untuk Pemula di Era New Normal

Source: unsplash.com

Halo, Miks!

Pandemi corona COVID-19 membuat aktivitas lebih banyak di rumah. Hal ini seiring salah satu langkah untuk menekan penyebaran dan penularan COVID-19. Selain itu, pandemi COVID-19 ini juga membuat kebiasaan baru, kehidupan dunia virtual makin berkembang. Masyarakat juga lebih banyak memilih berbagai layanan daring.
Seiring diterapkan tatanan normal baru tersebut, ada sejumlah peluang bisnis yang dapat jadi inspirasi untuk dikelola dan dikembangkan. Berikut 7 tips memulai bisnis bagi pemula di era new normal. Simak, yuk!

1. Luruskan Niat

Untuk memulai suatu bisnis, hal yang sangat penting adalah niat karena akan menentukan arah dari usaha Anda.
Niat untuk bisnis bisa bermacam-macam seperti mencari profit, ingin terkenal, mandiri, tidak terikat oleh waktu jam kantor maupun ingin memiliki penghasilan yang lebih sehingga bisa digunakan untuk mewujudkan impian seperti pergi haji, membeli rumah idaman, membeli mobil, dan lainnya.

Niatkan dari awal bahwa Anda membangun usaha bukan hanya mendapatkan profit, bukan hanya untuk meningkatkan ekonomi semata, tetapi juga bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Apa yang tak kalah penting adalah mencari rezeki untuk mendapatkan rida dari-Nya.

2. Fokus ke Peluang yang Ada

Ketika niat Anda sudah lurus dalam membangun bisnis, selanjutnya adalah melihat peluang bisnis. Karena Anda membuka bisnis tanpa melihat peluang ke depan, maka kemungkinan bisnis Anda terhambat tumbuh menjadi lebih besar.

Cara melihat peluang bisnis salah satunya dengan mengamati sekitar Anda. Contoh, jika di sekitar Anda jauh dari pasar, Anda bisa menghadirkan toko retail. Menjual berbagai keperluan rumah tangga maupun sembako dan kelontongan. Lalu, bisa juga melihat peluang bisnis dengan hobi yang Anda senangi. Jika Anda suka memelihara kelinci, Anda bisa berbisnis kelinci hias maupun kelinci daging.

Selain itu, Anda bisa dengan bekerja sama dengan orang lain. Dalam hal ini, bisa dengan memulai menjadi reseller maupun agen suatu produk. Sistem kemitraan dropship ini cukup banyak diminati karena didukung dengan beberapa tools yang bisa membantu memudahkan pemasaran produk. Tidak memerlukan modal yang besar, tanpa perlu menyetok dan repot pengemasan serta pengiriman.

3. Cari Referensi

Untuk mencari referensi bisnis, Anda bisa melihat di media sosial beberapa peluang usaha sesuai dengan yang sedang dibutuhkan oleh orang banyak dan tentunya sesuai dengan passion Anda.

4. Restu

Meminta restu dari orang yang anda sayangi. Dengan restu orang tua maupun pasangan, usaha akan lebih mudah, lancar, dan terasa ringan serta ke depannya akan kuat menghadapi cobaan di bisnis Anda.

5. Bekali dengan Ilmu dan Bimbingan Mentor

Bisnis tanpa ilmu adalah sia-sia. Karena dengan ilmu, bisnis Anda akan jauh lebih berkembang. Cara mendapatkan ilmu bisa dengan banyak membaca buku-buku bisnis dan motivasi serta pengembangan potensi diri, mengikuti pelatihan bisnis, seminar maupun ikut kelas bisnis dan e-course yang tersedia.

Dengan mengikuti pelatihan, Anda akan bertemu orang-orang yang sudah terbiasa dengan bisnis sehingga bisa menambah wawasan dalam dunia bisnis dan memacu semangat untuk terus maju dan sukses. Juga sangatlah penting mempunyai mentor. Mentor akan membimbing dan akan memberitahu hal hal apa saja yang harus dilakukan dan dihindari dalam bisnis Anda.

6. Konsisten

Dalam bisnis hal terpenting adalah konsisten. Dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Jika dilakukan sesuai mood saja tentu akan berdampak negatif pada usaha yang Anda lakukan. Bisnis yang dilakukan secara daring maupun luring tetap harus dilakukan dengan konsisten. Jika daring, usahakanlah promosi setiap hari, minimal tiga kali.

Sebab, hal tersebut akan membentuk personal branding terhadap diri Anda juga usaha yang sedang dijalani. Tidak perlu malu sering posting jualan karena dengan seringnya promosi, orang lain akan tahu kegiatan dan bisnis Anda.
Jika Anda memutuskan sesuatu maka lakukanlah sampai tuntas, jangan setengah-setengah karena hal itu hanya membuang waktu Anda dengan sia-sia.

7. Tawakal

Setelah semua dilakukan dengan benar, serius menekuninya, maka penutup dari semua itu adalah tawakal dan doa. Sebab, apa pun yang Anda usahakan tidak terlepas dari Allah. Allah yang akan membantu Anda. Buatlah bisnis mulai dari sekarang untuk dapat bermanfaat bagi orang banyak di masa depan. Luruskan niat Anda dalam berbisnis selain mencari keuntungan juga bermanfaat kepada sesama agar lelah Anda dalam berbisnis menjadi ibadah di sisi-Nya.

Nah, itulah 7 tips yang bisa Anda coba. Semoga berhasil.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like