Inilah 6 Tips Nyaman Berbelanja di Pasar Saat New Normal

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Masih galau mau belanja ke pasar di era new normal? Ingin ke pasar tapi tidak nyaman karena masuk tatanan baru? Tenang. Anda tidak usah khawatir. Ada beberapa tips supaya kita tetap nyaman berbelanja di pasar saat new normal.

1. Memakai Masker

Masker merupakan benda wajib yang harus dipakai saat pandemi COVID-19. Meskipun saat ini tatanan baru sudah mulai diberlakukan, tetapi untuk menghindari terjadinya kembali penyebaran COVID-19, ada baiknya penggunaaan masker terutama di tempat umum masih diterapkan.  Pemakaian masker selama pendemi dinilai efektif mencegah penyebaran virus karena penggunaan masker dapat menghalangi terjadinya percikan cairan saat batuk, bersin atau bicara. Penggunaan masker pula dapat menghalangi kita terlalu sering menyentuh area hidung, mata, dan mulut.

2. Membawa Kantong Belanja Sendiri, Penyanitasi Tangan, Tisu Kering, dan Tisu Basah

Meski di beberapa tempat umum telah disediakan tempat khusus untuk mencuci tangan, tapi tidak ada salahnya kita membawa hand sanitizer, tisu kering, dan tisu basah sendiri. Selain itu, dengan membawa kantong belanja sendiri, menghindari banyaknya kontak yang kita lakukan sebagai pembeli dengan penjual di pasar.

3. Menjaga Jarak

Menjaga jarak merupakan imbauan dari pemerintah yang tidak boleh kita anggap sepele saat berbelanja ke pasar di era tatanan baru ini. Anjuran pemerintah, jarak aman agar terhindar dari COVID-19 adalah 1—2 meter ini harus diterapkan pula oleh kita sebagai pembeli dengan penjual di pasar. HIndari pula kerumunan maupun  antrean, karena keduanya dapat menjadi penyebab terbesar penyebaran COVID-19.

4. Membuat Daftar Belanjaan

Ada baiknya sebelum pergi berbelanja ke pasar, kita membuat daftar belanjaan terlebih dahulu. Sehingga tidak banyak interaksi yang kita lakukan saat berada di pasar karena telah menentukan apa yang akan dibeli di pasar nanti saat di rumah sebelumnya.

5. Menyiapkan Uang Receh dalam Beberapa Nominal

Sebelum pergi ke pasar, menyiapkan uang receh dalam beberapa nominal bisa menjadi salah satu alternatif kenyamanan kita berbelanja. Hal ini dilakukan agar kita tidak perlu menerima uang kembalian dari penjual yang menjadi salah satu penyebab penyebaran COVID-19.

4. Membawa Kendaraan Pribadi atau Minta Diantarkan oleh Pasangan

Minta diantarkan oleh pasangan atau membawa kendaraan sendiri ke pasar pun bisa menjadi salah satu cara aman dan nyaman bagi kita untuk berbelanja ke pasar di era tatanan baru. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi interaksi kita dengan orang lain di perjalanan menuju pasar.

Bagaimana? Mudah kan? Jika Anda mengikuti tips berbelanja di atas, dijamin kegalauan dan kekhawatiran hilang. Karena Anda akan sangat nyaman berbelanja di pasar saat new normal sedang berlangsung. Selamat berbelanja!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like