Mulai Benahi Sikap, Inilah 5 Cara Menjadi Bijak dalam Segala Hal

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Masih ingatkah pepatah, “Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain”? Nah, dalam hidup ini kita tidak hanya dianjurkan untuk bermanfaat bagi orang lain, akan tetapi kita juga sangat dianjurkan untuk bermanfaat bagi diri sendiri.

Bermanfaat bagi diri sendiri bisa dimulai dengan membenahi sikap yang semula semrawut menjadi lebih teratur, yang semula tidak memiliki pendirian menjadi pemegang teguh pendirian, dan yang semula tidak berani mengambil keputusan menjadi lebih bijak dalam segala pemikiran.

Tidak terlepas dari itu, menjadi seseorang yang bijak tentunya membutuhkan keterampilan yang luar biasa dalam mengatur emosi, logika, dan kata hati. Alangkah lebih baiknya belajar menjadi seseorang yang bijak itu diajarkan sedari dini. Tujuannya semata-mata hanya untuk kebaikan diri sendiri. Nah, untuk menjadi seseorang yang bijak, Anda bisa mencoba 5 cara di bawah ini yang akan membantu dan memudahkan Anda dalam proses pembijakan diri.

1. Tidak Mudah Mengambil Keputusan Tanpa Pertimbangan

Orang bijak adalah orang yang penuh dengan pertimbangan. Langkahnya tidak akan gegabah dan tindakannya akan sangat terarah. Untuk menjadi seseorang yang bijak dalam segala hal, pertama-tama kamu harus memiliki modal besar, yaitu tidak mudah mengambil keputusan. Lakukan pertimbangan yang matang terlebih dulu dalam segala hal sebelum pada akhirnya kamu mengambil sebuah keputusan.

2. Tidak Mudah Mempercayai Ucapan Orang Lain Tanpa Mengetahui Kebenarannya Terlebih Dahulu

Berburuk sangka kepada orang lain memang tidaklah baik, bahkan dalam agama pun tidak pernah diajarkan. Namun, mempercayai segala ucapan orang lain pun itu tidaklah baik. Kita tidak boleh menelan mentah-mentah ucapan orang lain tanpa mengetahui kebenarannya terlebih dulu. Mengapa? Karena supaya tidak ada kesalahpahaman dan pandangan buruk terhadap orang lain. Jangan mudah dibodohi dan dibohongi! Buktikan dulu sebelum pada akhirnya Anda mempercayai sesuatu.

3. Selalu Melibatkan Pemikiran yang Matang dalam Mengerjakan Sesuatu

Orang bijak akan selalu melibatkan logika dalam segala hal, bahkan terkadang dia tidak akan mendengarkan kata hatinya hanya untuk mendengarkan logikanya. Di beberapa waktu memang kita harus berani dalam memilih sesuatu, termasuk memilih mendahulukan logika atau kata hati. Maka dari itu, untuk menjadi seseorang yang bijak kamu perlu melibatkan pemikiran atau logika yang benar-benar matang dalam mengerjakan sesuatu.

4. Pandai Bercakap dengan Argumen yang Kuat

Pernahkan kamu mendengar istilah, “Tong kosong nyaring bunyinya”? Jika pernah, maka janganlah menjadi seseorang yang seperti itu. Karena orang bijak tidak akan bercakap semena-mena tanpa memiliki dasar argumen yang kuat. Sebelum kamu berbicara, alangkah lebih baiknya kamu memikirkan dulu apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan agar suaramu didengar oleh orang lain, maka usahakanlah agar segala yang kamu ucapkan didasari dengan argumen yang kuat.

5. Tidak Mudah Goyah dalam Pendiriannya

Tidak hanya penuh dengan pertimbangan, orang bijak adalah seseorang yang tidak akan mudah goyah dalam pendiriannya. Meskipun dirinya berbeda dari orang lain, ia akan tetap percaya diri dan memegang teguh pendiriannya. Menjadi seseorang yang berpegang teguh pada prinsip adalah jalan hidup yang dipilih oleh orang yang bijak. Jika kamu ingin menjadi orang yang bijak dalam segala hal, maka kamu pun wajib memiliki sikap yang seperti ini.

Nah, itulah penjelasan dari 5 cara menjadi seseorang yang bijak dalam segala hal. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan, ya, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like