Inilah 5 Hak Anak yang Harus Anda ketahui

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Anak bukanlah miniatur orang dewasa. Pengertian anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.  Sosoknya yang belum matang secara fisik dan mental penting bagi orang tua ataupun orang dewasa untuk memenuhi hak-hak anak yang merupakan tanggung jawab para orang tua.

Nah, Miks! berikut hak anak yang harus  para orang tua dan kita semua ketahui menurut Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 23 tahun 2014:

1. Memperoleh Identitas dari Negara (Akta Kelahiran)

Akta kelahiran adalah bukti yang sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Akta kelahiran juga merupakan syarat kelengkapan administrasi guna memperoleh layanan publik seperti menjadi peserta anggota JKN, syarat pendaftaran sekolah, dan lain sebagainya

2. Anak Diasuh oleh Keluarga atau Alternatif

Setiap anak berhak diasuh oleh keluarga, walinya ataupun orang tua asuh guna memperoleh kasih sayang serta menanamkan nilai positif, norma agama, norma sosial pada diri seorang anak yang tentunya semua ini bisa didapatkan dari kehangatan keluarga.

3. Anak Mendapatkan ASI, Gizi, Imunisasi, dan Jaminan Kesehatan

Bila ibu tidak ada penyulit atau masalah kesehatan yang menghambat pemberian ASI pada bayi, maka bayi yang baru dilahirkan sampai dengan usia 6 (enam) bulan  berhak mendapatkan asupan gizi terbaik berupa ASI eksklusif dari ibunya. Disamping pemberian ASI, imunisasi dasar lengkap juga wajib diberikan pada anak guna melindungi anak dari penyakit menular yang dalam hal ini dapat dicegah melalui imunisasi saat bayi/balita. Tidak lupa pula daftarkan anak sebagi peserta JKN.

4. Anak Mendapatkan Pendidikan, Memanfaatkan Waktu Luang, Istirahat, Bermain, Berekreasi, dan Berkreasi

Pendidikan penting bagi seorang anak tapi waktu luang dan istirahat bagian yang penting dalam keberhasilan pendidikan. Dunia anak dalah dunia bermain. Para orang tua bisa memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan positif atau rekreasi bersama anak dan memungkinkan anak bisa berkreasi sesuai dengan kemampuannya.

5. Anak Mendapat Perlindungan Hukun Secara Khusus

Orang tua, negara wajib memberikan perlindungan hukum secara khusus pada anak. Anak harus dilindungi dari kekerasan fisik, kekerasan psikis, kejahatan seksual, diskriminasi, aksploitasi serat penelantaran.

Demikianlah, Miks! Hak-hak anak yang wajib kita penuhi selaku orang tua atau wali. Semoga kita dapat menjadi orang tua yang manah dalam pemenuhan hak.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like