10 Jenis Makanan Ini Dipercaya Mampu Meredakan Stres

Source: pexels.com

Hi, Miks!

Saat  seharian lelah beraktivitas yang penuh tekanan, terkadang Anda bisa mengalami stres. Bermacam-macam cara yang dilakukan seseorang untuk meredakan stres. Ada yang pergi menonton film, pergi ke tempat rekreasi atau makan makanan kesukaan.

Namun, banyak orang yang tak mengetahui jika kandungan dalam makanan yang mereka konsumsi justru malah membuat mereka makin stres. Jadi, alih-alih meredakan, beberapa orang mengeluh tentang berat badan yang mudah menjadi naik akibat mengonsumsi makanan kesukaan saat stres.

Sebelum memakan makanan kesukaan untuk meredakan stres, kenali dulu kandungan yang ada dalam makanan tersebut.

Nah, Miks, beberapa jenis makanan ini bisa Anda konsumsi untuk meredakan stres. Yuk, kita simak!

Madu

Madu mengandung Triptofan. Triptofan merupakan  senyawa yang bisa  mengurangi kecemasan dan melemaskan syaraf. Untuk menghilangkann stress, Anda bisa mengonsumsi madu dengan menambahkannya di atas yogurt maupun buah-buahan atau bisa juga disajikan dengan roti bakar.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung L-Theanine, yang mampu meredekan stres dan mendorong perasaan tenang. Untuk relaksasi, minumlah secangkir teh hijau hangat setelah melalui hari yang panjang dan penuh tekanan.

Cokelat

Mengonsumsi cokelat dipercaya dapat membantu memperbaiki mood Anda. Cokelat hitam mampu mengatur kadar kortisol, yaitu hormon yang bertanggung jawab  terhadap  stres. Cokelat juga dapat membantu menstabilkan metabolisme tubuh.

Pisang

Anda juga dapat mengonsumsi pisang untuk meredakan stres. Pisang menagndung potasium dan magnesium yang mampu melemaskan otot tubuh. Pisang juga mengandung triptofan yang memberikan sensasi rileks pada tubuh Anda.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga dapat Anda konsumsi untuk meredakan stres. Sayuran tersebut mengandung folat, vitamin yang membantu tubuh memproduksi dopamin, bahan kimia di otak yang membuat Anda menjadi terasa nyaman. Dengan mengonsumsi menu diet tinggi folat,  cenderung tidak akan menunjukkan gejala depresi.

Biji Bunga Matahari atau Kuaci

Biji bunga matahari atau sering disebut kuaci adalah makanan yang berbentuk kacang-kacangan dan rasanya pun enak. Biji bunga matahari atau kuaci mengandung magnesium yang dapat meringankan depresi, kelelahan dan meredakan emosi.

Biji bunga matahari atau kuaci bisa disantap langsung atau  bisa juga digunakan sebagai toping dalam sereal, oatmeal, dan lain-lain. Rasanya gurih dan sedikit manis.

Kacang Almond

Kacang almond selain memberi nutrisi pada tubuh juga bisa mredakan stres. Kacang almond memiliki banyak kandungan nutrisi yang berupa vitamin B, zat besi, magnesium dan vitamin E.

Ikan Salmon

Ikan salmon mampu melawan hormon adrenalin dan kortisol yang menyebabkan stres. Kandungan omega 3 dalam ikan salmon, mampu melawan efek negatif dari hormon penyebab stres.

Alpukat

Anda bisa menjadikan buah alpukat untuk dikonsumsi sebagai makanan pereda stres. Alpukat mengandung kalium yang bisa menurunkan tingkat stres dan memberikan rasa tenang.

Bagi Anda yang sedang diet jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini, sebab merupakan pemasok asupan lemak dalam tubuh.

Buah Bery

Buah bery, mengandung vitamin C  yang kaya akan antioksidan. Rasanya enak membuat hari-hari Anda akan lebih baik. Anda bisa mengonsumsi langsung atau disajikan dengan Oatmeal. Yogurt atau dijus. Buah bery termasuk juga dalam jajaran makanan pereda stres.

Itulah beberapa jenis makanan yang dipercaya  mampu meredakan stres. Semoga dengan mengetahui beberapa kandungan dalam makanan yang dikonsumsi, Anda akan semakin sehat. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like