Ini Dia Cara Jitu Menulis bagi Anda yang Punya Balita!

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Memiliki balita lebih dari satu bisa dibilang menguras waktu. Waktu tidur yang hanya sebentar, belum lagi pekerjaan rumah yang tak ada habisnya terkadang menjadi penyebab terkuat waktu menulis menjadi berkurang, padahal semangat menulis berkobar-kobar, ide pun mulai datang bergentayangan.

Lantas apa setiap penyebab tak ada solusinya? Tentu saja harus ada dan pastinya Anda juga harus berani mengorbankan waktu luang untuk mengisinya dengan aktivitas menulis.

Bagaimanapun menulis harus realistis, tak sekadar niat yang besar, tetapi tak bisa meluangkan waktu untuk menulis. Nah, lantas bagaimana mengatur waktu agar waktu bersama anak-anak, pasangan, dan tentu saja jatah menulis tetap teratur sepanjang hari? Simak trik di bawah ini, ya!

1. Bangun Lebih Awal

Bila Anda bangun lebih awal, maka waktu ini bisa dimanfaatkan untuk menulis. Tentu saja Anda harus memperkirakan sebelumnya anak-anak akan bangun jam berapa dan apa saja yang harus Anda siapkan di pagi hari. Entah harus memasak, menyediakan makanan anak-anak anak dan suami yang ke kantor atau MP-ASI untuk si adik?

Pastikan Anda memperkirakannya dengan tepat agar semua berjalan sebagaimana mestinya. Jangan hanya karena Anda menulis lantas pekerjaan di rumah pun terbengkalai.

2. Manfaatkan Waktu Anak Tidur

Ketika anak sudah tertidur entah itu di waktu pagi bagi bayi yang masih menyusui atau malam hari, ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menulis. Manfaatkan betul kesempatan ini agar tulisan yang Anda hasilkan benar-benar sesuai yang diharapkan.

3. Manfaatkan Waktu Anak Bermain

Ketika anak sedang bermain bersama temannya atau bermain bersama kakak adiknya. Sambil diawasi Anda pun bisa menyempatkan diri untuk menulis. Bila anak minta diperhatikan perhatikan saja dulu, setelah dia mulai menyatu bersama mainan atau teman-temannya Anda pun bisa melanjutkan menulis.

4. Bangun di Sepertiga Malam

Bangun di sepertiga malam memang dikenal sebagai waktu yang mustajab. Waktu ini pun bisa Anda manfaatkan untuk menulis. Dijamin ketenangan dan inspirasi akan lebih banyak  diperoleh karena biasanya anggota keluarga lain pun tidur pulas. Kalaupun bayi sempat bangun untuk disusui pastikan Anda tetap terjaga karena ada deadline yang harus dituntaskan.

5. Minta Bantuan Suami

Bila deadline di depan mata dan tulisan Anda belum selesai sementara suami berada di rumah. Tak perlu sungkan untuk meminta tolong untuk menjaga buah hati tercinta. Bagaimana pun anak adalah milik berdua jadi perlu kerjasama untuk menjaganya.

Itulah 5 trik manajemen waktu menulis bagi Anda yang memiliki balita di rumah. Semoga bisa dipraktikkan dengan mudah dan akhirnya menjadi kebiasaan positif. Selamat mencoba, ya, Miks!

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like