5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Tahukah Anda? Wabah korona yang saat ini menjadi pemberitaan setiap hari dan tak kunjung usai ternyata tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Kesehatan mental bisa disebabkan berbagai hal seperti rasa cemas yang berlebihan, rasa terasing karena menjalani karantina, kesepian karena jauh sanak famili, kecemasan akan kebutuhan sehari-hari, dan juga ekonomi yang tak stabil. Jika tidak kita jaga atau antisipasi dengan baik maka akan berakibat serius.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental:

1. Berolahraga

Olahraga-olahraga ringan selain bisa untuk menyehatkan fisik juga bisa menyehatkan mental atau psikis. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin, di mana hormon tersebut berfungsi meredakan stres. Jadi Miks, Anda bisa melakukan beberapa olahraga seperti meditasi atau jogging ringan di dalam rumah, push-up, shit-up, dan olahraga ringan lainnya.

2. Makan Teratur

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah terserang virus, Anda harus makan teratur. Walaupun rasa stres mendera jangan sampai lupa makan. Dengan menjaga pola makan, maka tubuh Anda menjadi fit sehingga bisa terhindar dari virus ini.

3. Hindari Menonton, Membaca atau Mendengar Liputan Berita Meresahkan

Pintarlah memilih berita yang yang tidak membuat Anda makin cemas dan panik. Ganti saluran jika merasa berita sudah meresahkan mental.

4.Melakukan Hal-Hal yang Menyenangkan

Lakukan hal-hal menyenangkan. Misal hobi kita membaca, nonton, berkebun, memasak dan lain-lain. Jika sebelumnya Anda sibuk bekerja di luar rumah, saat ini mungkin waktunya Anda menyibukkan diri, melakukan hobi yang bisa mengurangi stres serta bisa menghasilkan pundi-pundi uang jika Anda tekuni.

5. Berdoa

Doa merupakan kekuatan yang paling ampuh karena segala sesuatu adalah kuasa Sang Pencipta. Yakinkan diri bahwa Allah sebenar-benarnya pelindung. Jika upaya sudah kita lakukan, maka Allah penentu segala kebaikan dan keburukan.

Jadi, Miks, selalu dekatkan diri pada Sang Pemilik Hidup. Merasa sedih, tertekan, khawatir adalah hal normal saat kita krisis dalam masa pandemi. Namun, kesehatan mental harus tetap dijaga agar tak melakukan hal-hal fatal yang bisa merugikan. Cobalah tetap berpikir positif dan selalu beryukur. Berpikirlah yang mengalami masa pandemi ini tak hanya Anda, tetapi seluruh dunia. Jadi, jangan pernah merasa sendiri.

Semoga beberap tips tersebut bermanfaat untuk Anda semua. Semoga kita tetap diberikan kesehatan terhindar dari segala penyakit.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like