Inilah Resep Asem-Asem Tetelan Kambing yang Pasti Bikin Anda Ketagihan

Hai, Miks!

Suasana Iduladha masih terasa. Pasti Anda semua banyak yang mendapat daging kurban entah itu daging sapi ataupun daging kambing. Bingung mau dimasak apa? Bosan dengan resep yang itu-itutak saja?

Anda bisa memakai tetelan yaitu daging yang menempel pada tulang. Karena dengan memakai tetelan, kaldu yang dihasilkan akan membuat makanan lebih sedap dan daging tetelan pun lebih empuk dibanding daging saja.

Bahan-bahan utama resep ini adalah tetelan daging kambing, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, jahe, kecap, garam, gula, dan penyedap rasa.

Tetelan kambing sendiri merupakan sumber protein hewani. Daging kambing sendiri mempunyai banyak manfaat di antaranya bisa untuk mencegah kanker, anti inflamasi (untuk menghambat peradangan pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung), membakar lemak, mencegah anemia, meningkatkan kesehatan mental, mencegah stroke, dan gangguan ginjal serta menjaga kesehatan tulang.

Namun Miks, jangan lupa di balik banyak manfaatnya tentu juga ada bahayanya jika dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan kolesterol dan juga peningakatan tekanan darah. Maka konsumsilah dalam jumlah yang wajar agar tidak mengganggu kesehatan kita.

Apa Anda penasaran dengan resep ini? Yuk, coba resep berikut! Pasti bikin Anda ketagihan.

Resep Asem-Asem Tetelan Kambing

Bahan-bahan:
1 kg tetelan kambing

8 bawang merah

4 bawang putih

15 buah cabai rawit atau bisa sesuai selera

1 batang serai

1/2 ruas jahe (digeprek)

2 buah tomat

Gula secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Kecap secukupnya

2 lembar daun salam

2 Liter air

Bumbu iris:

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

15 cabai rawit

3 buah cabai merah

2 buah tomat

Cara membuat:

1. Bersihkan tetelan daging kambing, bumbu-bumbu yang sudah di kupas.
2. Rebuslah tetelan daging hingga empuk kurang lebih selama 60 menit dan sisakan sedikit kaldu.
3. Tumis semua bumbu iris hingga harum, lalu masukkan daun salam dan juga jahe.
4. Masukkan bumbu yang sudah di tumis ke dalam tetelan yang sudah diempukkan. tambahkan 2 liter air. Tambahkan garam, gula, kecap, penyedap rasa. Tunggulah hingga bumbu meresap dan air sedikit menyusut.
5. Asem-asem tetelan kambing siap dihidangkan.
Resep tersebut juga bisa digunakan untuk bumbu kikil.

Cukup mudah, ‘kan, Miks? Selain mengandung banyak gizi juga menggugah selera makan. Semoga bermanfaat buat Anda semua. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar