5 Cara Simpel Menjadi Diri Sendiri

Hai, Miks!

Pernahkah Anda membayangkan jika suatu saat harus berpura-pura menjadi orang lain? Tentu rasanya aneh dan tidak menyenangkan, ya. Banyak motivator juga mengatakan supaya seseorang bangga terhadap dirinya, senantiasa menjadi diri sendiri, serta mencintai kekurangan serta kelebihan diri. Lantas, apa arti sebenarnya dari menjadi diri sendiri? Apakah semudah kedengarannya?

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang tenteram. Hal ini disebabkan hidup yang hanya dipenuhi kegelisahan bukan saja menimbulkan permasalahan yang pelik, tetapi juga menjadi penyebab datangnya stres. Jangan khawatir! Anda bisa jadi diri sendiri tanpa harus berpura-pura menjadi orang lain. Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat dicoba.

1. Menerima Diri Apa Adanya

Hargailah diri sendiri, sehingga orang lain pun dapat menghargai Anda. Jangan marah, khawatir, atau merasa kekurangan. Tuhan itu Maha Adil. Ia menciptakan setiap makhluk dengan sempurna. Syukuri kelebihan serta kekurangan yang Anda miliki.

2. Carilah Waktu Untuk Mengenali Diri Sendiri

Terkadang tanpa sadar Anda lebih mengenal kepribadian orang lain dibandingkan diri sendiri. Ingatlah bahwa kita juga butuh waktu untuk mengenal diri. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda.

         Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

         Apa yang Anda sukai dan tidak sukai?

         Bagaimana Anda melakukan me time?

         Bagaimana sikap Anda saat berinteraksi dengan orang lain?

         Kehidupan seperti apa yang Anda inginkan?

3. Niatkan Tujuan Akhir

Tak ada manusia yang menginginkan tujuan akhir buruk. Jika kita memiliki tujuan akhir yang baik, maka kehidupan kita pun akan lebih bermakna. Pastikan Anda konsisten untuk mencapai tujuan akhir. Jangan meniru cara orang lain yang sudah sukses, sebab setiap orang punya jalan dan cara yang berbeda untuk menggapai kesuksesan. Pupuk terus rasa percaya diri. Yakin bahwa Anda bisa melakukannya tanpa mengikuti cara orang lain.

4. Jujur dan Yakin pada Diri Sendiri

Jujur dan yakin harus ada dalam diri Anda. Syukuri kekurangan serta kelebihan yang dipunyai. Tanpa ada kekurangan dan kelebihan mungkin Anda tidak akan pernah tahu di mana titik bangkit setelah terjatuh. Ditambah keyakinan, akan membuat Anda lebih percaya diri dan memiliki tekad kuat untuk bangkit ketika mengalami kegagalan.

5. Jangan Membandingkan Diri Kita dengan Orang Lain

Hindari membandingakan diri sendiri dengan orang lain, sebab Anda akan menjadi semakin terpukul atau stres tanpa alasan. Semua makhluk diciptakan dengan keadaan yang berbeda. Memaksakan kehendak untuk bisa sama dengan orang lain justru merusak diri sendiri karena berkurangnya rasa syukur. Tak ada manusia yang terlahir sempurna. Buktikan bahwa Anda bisa dan berbeda. Jangan malu tunjukkan kepada orang lain siapa diri Anda yang sebenarnya.

Menjadi diri sendiri tidaklah sulit. Awalnya mungkin ada keraguan, tetapi yakinlah bahwa cepat atau lambat Anda akan mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Dengan demikian Anda akan bahagia dan dapat menikmati hidup. Tidak perlu berjuang untuk tampil kuat dan hebat, padahal kenyataan berkata lain. Jadilah diri sendiri dan terimalah keadaan kita apa adanya. Be yourself!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.