Outing, Tips Jitu Mengendalikan Stres

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Pernahkah Anda merasakan kelelahan yang membuat tidur malam kurang nyenyak dan bangun di pagi hari tubuh tidak segar? Memulai hari pun jadi kurang semangat karena kepala serasa penuh, seakan persoalan yang dihadapi tidak ada habisnya.

Kegiatan rutin yang dilakukan terus menerus setiap hari berpotensi menimbulkan kejenuhan. Rasa jenuh yang menumpuk berdampak pada suasana hati juga pikiran. Jika dibiarkan, makin lama dapat menimbulkan stres yang berakibat buruk pada kinerja dan kesehatan. Tanda-tanda kelelahan fisik maupun jiwa harus dikenali karena tak jarang pada beberapa orang muncul gejala yang tidak sama. Ada yang merasakan sakit kepala terus menerus, badan pegal-pegal, mual-mual bahkan ada yang timbul gatal-gatal di kulit. Selain gejala fisik tersebut, biasanya orang akan merasakan gangguan emosi seperti mudah marah, susah konsentrasi, malas, dan tidak bisa berpikir jernih.

Apabila salah satu pertanda awal telah dirasakan, sebaiknya mulailah melakukan outing. Ke luar dari rutinitas sehari-hari, itulah sebenarnya outing. Dalam melakukan outing tidak harus selalu ke tempat-tempat wisata yang jauh dari rumah atau membutuhkan persiapan rumit. Nah, berikut tips outing untuk disimak .ya, Miks.

1. Menempuh Jalan yang Jarang Dilalui

Menuju tempat kerja atau mengantar sekolah anak, sesekali lalui jalan yang tidak pernah atau jarang dilewati. Meskipun akan sedikit berputar arah atau membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama. Persiapkan untuk berangkat lebih awal atau pulang ke rumah sedikit terlambat dari biasanya. Nikmati perjalanan pada rute yang tidak biasa ini dengan tidak terburu-buru sambil memperhatikan hal-hal sepanjang jalan yang dilalui.

2. Belanja ke Tempat yang Berbeda

Apabila anda rutin belanja di supermarket, sekali waktu sempatkan belanja di pasar tradisional. Begitu pula sebaliknya, jika sehari-hari memenuhi kebutuhan rumah tangga di pasar tradisional, pergilah ke supermarket. Mengunjungi pasar tradisional bisa menjadi wisata tersendiri karena setiap pasar pasti ada satu pedagang jajanan yang tidak ditemui di pasar yang lain. Beda dengan supermarket yang memiliki standar dan dagangan sama. Jika memilih outing belanja di supermarket, paling tidak bisa memilih supermarket dengan pengelola yang berbeda.

3. Menemui Orang dengan Perbedaan Rutinitas

Sempatkan waktu untuk bertemu dan berbicara kepada orang yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan kegiatan rutin Anda. Temui sahabat masa sekolah dahulu, kunjungi keluarga atau sekadar bercakap-cakap dengan orang yang mempunyai keseharian yang berbeda.

Jika anda seorang pengusaha, cobalah berbicara dengan orang yang berprofesi guru, pemadam kebakaran, petani atau tenaga kesehatan. Aktif bertanya untuk mengetahui lebih banyak keseharian mereka dan siapkan diri sebagai pendengar yang baik. Sebaiknya menahan diri untuk tidak bercerita mengenai kegiatan diri sendiri. Inilah waktu untuk mendengarkan dan menyimak rutinitas orang lain yang tidak pernah anda lakukan sehari-hari.

4. Berbagi di Awal Pagi

Sedekah atau berbagi kebahagiaan kepada orang lain membuat bertambahnya rasa syukur sehingga pikiran suntuk dan jenuh akan kembali segar dan Anda ikut merasakan bahagia. Lakukan kegiatan berbagi menjadi hal yang pertama kali dilakukan setelah bangun tidur pagi hari. Siapkan uang atau makanan terbaik dan sampaikan langsung kepada orang yang anda temui pada kesempatan pertama begitu ke luar dari rumah. Bisa jadi pemulung, penjaga kantor, pembersih jalan atau tukang becak yang biasanya pagi-pagi sekali memulai hari dengan pekerjaan mereka.

5. Olahraga dan Tetap Bergerak

Orang yang mudah jenuh dan tidak bisa mengendalikan stres biasanya kurang mempunyai kesenangan bergerak atau berolahraga. Bergerak karena melakukan aktifitas di rumah seperti menyapu, cuci piring atau mengepel lantai kadang belum cukup untuk sebuah outing. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang sehari-hari berada di rumah.

Berolahraga yang tepat dapat menghilangkan perasaan tertekan dan membebaskan pikiran. Untuk memulainya cukup dengan melakukan olahraga ringan berjalan kaki di pagi hari paling sedikit 30 menit sampai satu jam. Jangan lupa memilih rute yang menyenangkan dan tidak banyak polusi. Kalau perlu Anda bisa berkendara ke lokasi yang diinginkan kemudian olahraga berjalan kaki sambil menikmati suasana yang berbeda.

Nah, Miks, outing menjadi penting saat tanda-tanda penat dan jenuh mulai muncul. Perhatikan pesan-pesan yang disampaikan tubuh Anda. Setelah membaca beberapa tips di atas, saat perlu melakukan outing, tidak perlu pusing, bukan?

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like