Merasa Terpuruk dan Sulit Bangkit? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Kegagalan memang membuat hati pedih dan kecewa. Upaya serius yang sudah dijalankan sekian lama ternyata kandas di tengah jalan sungguh menyiksa batin. Namun, tenggelam dalam lautan rasa kecewa tentu tidak menyenangkan. Anda boleh merasa tak berdaya dan terpuruk, tetapi rasa itu tidak boleh menetap terlalu lama.

Kalau terus menerus dalam keterpurukan dan tidak ada upaya melepaskan diri, lalu kapan Anda akan maju? Jangan buang waktu. Lakukan langkah-langkah berikut ini agar Anda bisa segera bangkit.

1. Berhenti Menyesali Keadaan

Tidak ada gunanya menyesali semua yang sudah terjadi. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengambil hikmah yang tersembunyi di balik setiap keterpurukan. Tetaplah berbaik sangka kepada Allah.

2. Tentukan Diri akan Jadi Seperti Apa

Ada baiknya menentukan diri akan jadi seperti apa dan ke mana arah akan dituju agar langkah dan strategi baru bisa dirancang lebih baik dibanding hari lalu. Jangan remehkan hal ini karena akan menjadi landasan bagi  Anda menetapkan tujuan.

3. Carilah Teman Curhat Terbaik

Lepaskan semua sesak di dada dengan mencurahkan isi hati kepada sahabat. Pastikan Anda curhat kepada Allah dulu, ya, Miks. Dekatkan diri kepada-Nya agar hati tetap lapang.

4. Perbanyaklah Istirahat

Melampaui banyak peristiwa akan membuat Anda lelah lahir batin. Manjakan diri Anda dengan istirahat yang cukup agar memiliki energi untuk bangkit kembali. Pastikan istirahat menjadikan Anda rilaks dan tidak terus menerus dalam kesedihan dan kekecewaan.

5. Berpikir Positif

Tidak ada gunanya berpikir negatif. Hal penting selanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah berpikir positif dan penuh keyakinan. Jauhkan keraguan dan kekhawatiran akan terjadinya kegagalan lagi. Pelajarilah hal-hal yang menjadi penyebab kegagalan, kemudian mulailah melangkah dengan penuh keyakinan.

6. Yakinlah bahwa Semua Bisa Diperbaiki

Setelah berpikir positif, tanamkan keyakinan dalam diri bahwa semua bisa diperbaiki. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini. Semua bisa saja terjadi. Keberhasilan akan datang setelah bertahan dalam serangkaian proses yang berliku. Tetapkan cita-cita dan harapan baru, kemudian wujudkan dengan penuh semangat.

Jangan buang waktu percuma. Setiap orang memiliki fase kegagalan dalam hidupnya. Laluilah fase sulit ini dengan tegar dan segera mengatur langkah untuk menata ulang masa depan Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like