Anda Sulit Bahagia? 5 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Kebahagiaan adalah dambaan setiap orang. Banyak orang rela melakukan berbagai hal demi meraih kebahagiaan. Tidak peduli seberapa besar waktu, tenaga, dan pikiran yang dikorbankan, bila demi kebahagiaan, semua pengorbanan itu tidak masalah.

Hanya saja, sebagian orang merasa sulit bahagia. Apakah Anda orangnya? Kalau benar, cobalah mencari tahu apa penyebabnya. Bisa jadi, beberapa hal berikut ini menjadi penyebab Anda sulit bahagia.

1. Lupa Bersyukur

Fokus pada apa yang ingin diraih sering kali membuat seseorang lupa bersyukur atas apa yang sudah ada dalam genggaman. Bila hati dipenuhi rasa syukur, akan terasa lapang dan lebih mudah merasakan kebahagiaan, walau dengan hal kecil saja. Jadi, bersyukurlah agar bahagia.

2. Tidak Mencintai Diri Sendiri

Menerima kekurangan diri dan tidak tinggi hati dengan kebihan diri adalah wujud mencintai diri sendiri. Bila hal itu masih sulit dilakukan, bagaimana Anda bisa bahagia, Miks? Mencintai diri sendiri akan membuat rasa percaya diri terus bertumbuh.

3. Ekspektasi Terlalu Tinggi

Ekspektasi adalah harapan yang disertai usaha untuk mewujudkannya. Boleh saja memiliki harapan yang tinggi, tetapi bila ekspektasi terlalu tinggi akan sulit teraih dan tentu akan mudah kecewa. Turunkan sedikit saja standar keberhasilan dalam hidup agar lebih ringan menata langkah. Maafkan diri bila belum mampu meraih hal yang sulit. Yang penting, tetap semangat dan terus berusaha meningkatkan kualitas diri.

4. Lebih Sering Mengingat Kesalahan Orang Lain

Jangan mudah “bad mood” dalam pergaulan. Maafkan dan maklumi kesalahan orang lain, kemudian perbanyaklah mengingat jasanya atau kebaikannya. Lebih banyak mengingat kesalahan orang lain hanya membuat Anda bersedih.

5. Suka Berburuk Sangka

Berhentilah berburuk sangka bila ingin bahagia. Selalu berbaik sangka dan selalu berpikir positif akan membuat langkah jadi ringan dan hati tidak keruh. Betapa banyak contoh di sekitar kita. Bila berbaik sangka, segala sesuatunya terasa mudah. Jadi, jangan pernah berburuk sangka.

Demikian lima hal penting yang menjadi penyebab sulit merasakan kebahagiaan. Jangan remehkan hal kecil karena keberhasilan dan kebahagiaan kadang berasal dari hal kecil yang disyukuri dan dimanfaatkan dengan cerdas.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like