Tips Mengatasi Anak Tantrum di Awal Usia Sekolah

Source: afrakids.com

Hai,  Miks!

Tantrum adalah  merupakan kondisi emosi yang dirasakan oleh anak-anak atau orang dewasa yang memiliki masalah dalam emosional.Tantrum ditandai dengan sikap keras kepala, menangis dengan keras, marah-marah, dan sulit menenangkan diri. Tahukah Anda? Menurut pakar  Psikolog ternyata tantrum adalah suatu keadaan atau kejadian yang normal bagi semua anak yang berusia 1,5—2 tahun tahun dan sebaiknya sudah hilang pada usia 4—5 tahun.

Namun,bagaimana jika ternyata tiba-tiba putra-putri Anda yang berusia di atas 5 tahun belum mau masuk sekolah, marah-marah jika diajak masuk sekolah? Nah, ini berarti keadaan yang tidak normal yang dikenal dengan tantrum yang perlu segera Anda selesaikan dengan baik. Berikut beberapa tips mengatasi tantrum di awal usia sekolah:

1. Bersikap Tenang

Sikap tetap tenang dalam menghadapi setiap masalah selalu diperlukan apalagi ini berkaitan dengan putra-putri Anda. Dengan bersikap tenang Anda akan lebih mudah mencari solusi dari setiap masalah yang Anda hadapi.

2. Mencari Tahu Penyebab

Kenali betul kapan putra-putri Anda mengalami tantrum, apakah ketika di rumah, di tempat bermain atau justru di sekolah? Jika putra-putri anda menunjukkan tanda- tanda tantrum hanya pada saat mendengar atau ketika berangkat ke sekolah, ini berarti putra-putri Anda mengalami masalah tantrum yang berhubungan dengan sekolah. Karena pada dasarnya tantrum dapat terjadi dimana saja dan Anda harus jeli mengamati untuk mengetahui penyebabnya.

3. Konsultasi dengan Ahli

Selain Anda harus jeli mengamati perkembangan putra-putri Anda, sebaiknya Anda juga selalu berkonsultasi dengan ahlinya misal psikolog anak atau minimal pemerhati anak. Langkah ini perlu Anda lakukan supaya Anda tidak salah mengambil langkah dalam menangani masalah yang sedang Anda hadapi.

4. Cari Lingkungan Pendidikan yang Cocok

Karena tantrum terjadi pada usia sekoalah, Anda harus bisa menemukan sekolah yang memang bisa dan sanggup mengatasi tantrum yang dialami putra.putri Anda. Jelaskan kepada para guru di tempat tersebut bahwa putra-putri Anda sedang mengalami tantrum dan sekaligus menjelaskan solusi yang diberikan oleh ahli. Mengapa perlu dijelaskan karena bisa jadi putra-putri Anda akan menangis,marah-marah yang tak terkendali.

4. Kerjasama dengan Pasangan Anda

Kerjasama yang baik dengan pasangan Anda dalam pengasuhan putra-putri sangatlah diperlukan dan penting. Pasangan disini bisa suami atau mungkin pengasuh putra-putri Anda.

6. Doa

Doa menjadi kekuatan dari semua usaha yang Anda lakukan dalam mengatasi dan menghadapi setiap kesulitan.

Jadi Miks, selalu lakukan langakah doa dan usaha secara bersamaan karena setiap yang kita hadapi ada pengaturnya yaitu sang Maha Berkuasa atas segala makhluk.

Semoga beberapa tips tersebut bermanfaat untuk Anda semua. Semoga kita tetap diberikan kekuatan dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi.

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like