Inilah 5 Manfaat Spriluna untuk Ibu Hamil

Source: ayobandung.com

Hai, Miks!

Apa itu Spirulina? Benarkah spirulina dapat mengatasi masalah kesehatan pada ibu hamil? Kandungan apa saja yang dimiliki spirulina untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin?

Masa kehamilan adalah masa yang sangat indah. Hampir setiap wanita ingin merasakan hal ini, tetapi sering kali para calon ibu harus merasakan hal tidak nyaman dimasa kehamilannya. Salah satunya adalah menurunnya kesehatan di masa kehamilan. Dari mulai masalah anemia, hingga imun tubuh yang menurun.

Minum obat secara terus menerus bukanlah pilihan yang baik terutama pada masa kehamilan. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat Anda coba sebagai upaya meningkatkan kesehatan pada masa kehamilan. Spirulina yang disebut-sebut sebagai superfood, dapat dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda di masa kehamilan.

Spirulina adalah salah satu spesies dari cyanobacteria, tanaman ganggang berpigmen hijau-kebiruan yang bisa di konsumsi manusia. Spirulina tumbuh alami di lautan atau danau asin pada wilayah beriklim subtropis. Namun, ada juga beberapa spesies lain yang tumbuh di danau air tawar. Nah, berikut ini beberapa manfaat spirulina untuk ibu hamil yang patut Anda ketahui:

1. Mengatasi Masalah Anemia pada Ibu Hamil

Masalah anemia sering dialami oleh ibu hamil, meskipun sebelumnya Anda belum pernah mengalami anemia. Hal ini disebabkan karena selama masa kehamilan, jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat hingga 50%. Anda membutuhkan banyak zat besi yang membentuk hemoglobin untuk mengimbangi kenaikan volume darah, juga memenuhi kebutuhan zat besi bagi perkembangan janin. Spirulina mengandung zat besi tinggi yang patut Anda coba untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Spirulina memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sel-sel seperti antibodi, protein pelawan infeksi, dan sel lainnya yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas ditingkatkan produksinya melalui spirulina.

3. Membantu Pertumbuhan Janin

Spirulina sebagai sumber nutrisi alami yang mengandung multivitamin, seperti vitamin A, C, E, dan B6 untuk Membantu memenuhi nutrisi Anda dan janin dalam kandungan. Spirulina mengandung protein jauh lebih banyak dibandingkan daging. Spirulina hanya mengandung sedikit sekali lemak yang sebagian besar dalam bentuk asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan. Pada spirulina tidak terdapat kolesterol dan mengandung sedikit sekali kalori.

Kandungan GLA (Gamma Linolenic Acid) pada spirulina sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. GLA yang seimbang membantu sistem hormon dan kestabilan emosi, tentu hal ini sangat baik bagi ibu hamil. Spirulina mengandung klorofil yang baik untuk regenerasi sel dan pembersih darah. Kandungan kalsium dan magnesium yang ada pada spirulina membantu Anda terhindar dari masalah tulang dan gigi.

4. Mengurangi Resiko Keguguran dan Mencegah Kelahiran Bayi Cacat

Kandungan vitamin B12 dan vitamin E dapat mengurangi risiko keguguran pada masa kehamilan. Asam folat yang terdapat pada spirulina bermanfaat mencegah kelahiran bayi cacat.

5. Melembabkan Kulit

Selain dijadikan bahan makanan dan suplemen, spirulina juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah yang relatif aman untuk Anda yang sedang hamil. Spirulina mengandung zat-zat yang mampu mencerahkan kulit, sebagai moisturizing alami membuat kulit lebih kencang secara alami.
Begitu banyak manfaat baik spirulina bagi ibu hamil dan janin. Dengan mengkonsumsi spirulina, masa kehamilan bisa dijalani dengan lebih sehat.

Nah, itu tadi beberapa manfaat spirulina bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like