3 Tips Aman Mengonsumsi Daging

Source: r-review.com

Halo, Miks!

Daging merupakan sumber protein yang bermanfaat untuk tubuh. Ada banyak jenis olahan daging seperti bakso, sate, gulai, sup, rendang, tongseng, juga steak.

Selain ayam, daging sapi juga menjadi pilihan banyak orang karena rasanya lezat dan menggugah selera. Terlebih umat Islam baru saja melalui momen Iduladha. Tidak heran bila dalam bulan ini asupan daging menjadi bertambah. Miks, ada lima tips agar aman mengonsumsi daging seperti berikut ini.

1. Buat Jadwal Menu

Daging merupakan sumber protein hewani. Meskipun saat ini stok daging masih banyak, tetapi saat membuat menu keluarga hendaknya tetap divariasikan dengan jenis protein lainnya. Menu makanan yang beragam setiap harinya akan membuat selera makan bertambah juga menghindari kebosanan.

2. Konsumsi dalam Jumlah Cukup

Daging memang memiliki cita rasa tersendiri sehingga menjadi pilihan santapan yang lezat saat makan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi daging dalam jumlah berlebihan. Kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam daging lebih tinggi jika dibandingkan dengan protein hewani lainnya.

Berdasarkan USDA, kandungan lemak jenuh dalam daging kambing mencapai 0.9 dalam 100 gram, daging sapi 6 gram dalam 100 gram, dan daging ayam mengandung 3,8 gram lemak jenuh dalam 100 gram.

3. Mengolah dengan Tepat

Perhatian cara pengolahannya. Misalnya, jika sayuran sudah dimasak menjadi menu bersantan, maka daging bisa dimasak dengan cara dipanggang, bakar atau tumis, sehingga kandungan lemaknya tetap terkontrol.

4. Jaga Asupan Serat dan Cukup Air

Asupan serat yang terpenuhi dengan baik akan membuat saluran pencernaan menjadi lancar juga mengurangi risiko sembelit. Kandungan serat bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Konsumsi buah dan sayuran yang bervariasi setiap hari tentu akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh menjadi lebih optimal.

Asupan serat juga mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh sehingga tidak terjadi penimbunan dalam organ tertentu. Selain memastikan kebutuhan serat terpenuhi, asupan cairan juga perlu dijaga yaitu delapan gelas per hari atau sekitar dua liter.

5. Rutin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin membuat tubuh semakin bugar. Banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan konsisten berolahraga, seperti mencegah penimbunan lemak, membakar kalori, juga membantu metabolisme tubuh lebih optimal.  Jenis olahraga yang dapat dilakukan secara rutin seperti jalan pagi, senam ringan, push up, sit up, skipping.

Nah, Miks, sekarang sudah tahu, kan, cara aman mengonsumsi daging? Makanlah secukupnya. Pastikan pula serat serta kebutuhan air putih terpenuhi. Anda pun tetap bisa makan daging dengan nyaman tanpa rasa khawatir.

 

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like