4 Kiat Melunakkan Daging Sapi dan Kambing dengan Bahan Alami

Source: style.tribunnews.com

Halo, Miks!

Daging sapi terkenal dengan tekstur yang keras. Kalau salah dalam memasaknya pasti daging akan tetap keras dan susah untuk dimakan. Ada beberapa cara melunakkan daging, seperti merebusnya dengan panci presto atau direbus lama. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai panci presto. Biasanya, hanya pelaku bisnis kuliner yang sering menggunakan panci tersebut. Merebus daging dalam waktu lama pun akan boros dalam penggunaan gas dan tentu saja butuh kesabaran menunggu daging matang. Berikut beberapa tips melunakkan daging dengan bahan tradisional yang mudah ditemui di sekitar kita.

1. Buah Nanas

Banyak sekali manfaat buah nanas untuk tubuh. Buah bermata banyak ini dapat mencegah asma, kaya antioksidan, dan mengandung enzim untuk mengontrol pencernaan. Akan tetapi, jika dikonsumsi berlebihan, buah nanas bisa menyebabkan peradangan mulut dan kerusakan gigi karena buah ini sangat asam sehingga dapat melembutkan enamel.

Cara melunakkan daging dengan buah nanas sangat mudah, lo. Cukup potong daging kecil-kecil lalu baluri menggunakan parutan nanas. Ratakan dan remas-remas daging kemudian diamkan sekitar sepuluh menit. Jika ingin lebih lunak, diamkan agak lama sesuai dengan tingkat kelunakan yang diinginkan.

2. Daun Pepaya

Daun pepaya biasa digunakan untuk membuat jamu tradisional. Di samping cara mendapatkannya sangat mudah, daun pepaya juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun ini bisa menurunkan kadar gula, mengobati penyakit demam berdarah, menyembuhkan nyeri saat haid, mengobati masalah kulit, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan baik untuk hati.

Melunakkan daging dengan daun pepaya juga amat mudah. Kandungan enzim yang terdapat di dalamnya mampu membuat daging lebih lembut. Caranya, potong daging menjadi ukuran kecil lalu bungkus dengan daun pepaya. Selanjutnya remas-remas sampai daun itu mengeluarkan getah, kemudian diamkan selama satu jam. Setelah itu buka bungkusnya dan daging siap untuk dimasak.

3. Buah Pir

Jika Anda tidak suka rasa asam, bisa menggunakan buah pir untuk melunakkan daging. Buah pir kaya akan antioksidan, vitamin K, dan vitamin C. Buah berkulit kuning tersebut juga sangat baik untuk kecantikan. Ia mampu mencegah kerusakan kulit, kerutan, dan menghaluskan kulit.

Sama seperti buah nanas, menggunakan pir untuk melunakkan daging dilakukan dengan cara membalurkan parutan buah pir ke daging yang sudah dipotong kecil-kecil. Campur dan remas-remas hingga merata, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. Daging pun siap untuk dimasak.

4. Alat Pemukul Daging

Alat pemukul daging bisa Anda temukan di toko-toko terdekat. Bentuknya bervariasi dari yang kecil hingga besar, disesuaikan dengan daging yang akan diolah. Caranya menggunakannya sangat mudah. Cukup pukul-pukul ringan permukaan daging yang telah diiris sampai daging terlihat penyek dan lunak, setelah itu daging langsung dapat dimasak.

Ternyata banyak cara yang dapat digunakan untuk melunakkan daging, ya, Miks. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah diperoleh, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tenang saja, Miks, rasa asam, manis, atau pahit dari bahan-bahan alami tersebut tidak akan mengganggu cita rasa masakan kita. So, selamat mencoba!

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like