7 Tips Manajemen Waktu yang Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Time is money merupakan sebuah ungkapan yang diamini oleh banyak orang. Berbicara tentang waktu, setiap orang memiliki 24 jam sehari semalam. Tidak ada porsi yang berkurang atau bertambah. Namun, ketika diminta untuk mengerjakan sesuatu terkadang kita merasa tidak sanggup atau tak mempunyai cukup waktu. Padahal, waktu yang kita miliki juga sama dengan orang-orang sukses dan sibuk di luar sana. Hal ini tentu menjadi perenungan tersendiri.

Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik sangat dibutuhkan oleh semua orang. Manajemen waktu erat hubungannya dengan target yang kita rencanakan setiap harinya. Sebagai contoh, sebelum memulai hari kita telah menargetkan berbagai hal yang hendak dilakukan esok.

Oleh karena itu, seharusnya kita memiliki daftar yang sudah dibuat malam sebelumnya sehingga keesokan harinya tidak bingung mau melakukan apa. Waktu pun tak terbuang percuma. Seseorang yang tidak merencanakan apa pun, sama halnya ia tak memiliki manajemen waktu yang baik. Jangan merasa gagal mengatur waktu! Kita masih bisa memperbaikinya, kok. Berikut cara sederhana yang bisa diterapkan.

1. Hentikan Kebiasaan Menunda

Secara psikologis manusia memang hobi menunda. Mereka merasa lebih bersemangat saat mengerjakan tugas mendekati tenggat ketimbang menyelesaikannya jauh-jauh hari. Tanpa sadar kita mengucapkan, “Ah nanti aja, masih malas, waktunya masih lama.” Kebiasaan ini dapat merusak tubuh dan membuat rencana tak rampung. Hentikan kebiasaan menunda pekerjaan dan mulailah membuat pengaturan waktu yang lebih baik.

2. Membuat Perencanaan

Apakah perencanaan sangat penting dalam manajemen waktu? Jawabannya, ya. Mengapa? Karena perencanaan akan mempermudah kita menentukan tugas apa yang harus lebih dulu dikerjakan. Perencanaan pun bisa membantu kita lebih mudah dan lancar saat melakukan pekerjaan. Akan tetapi, jika apa yang kita rencanakan tidak sesuai dengan realita, tetaplah fokus pada pekerjaan dan atur manajemen stres kita.

3. Berani Mengambil Keputusan

Manajemen waktu tidak akan berjalan lancar apabila kita tak dapat mengambil keputusan, atau terlalu banyak membuang waktu untuk berpikir serta menimbang berbagai hal. Mulai saat ini belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani. Setiap keputusan pasti ada risikonya. Namun, jangan takut karena sesungguhnya risiko dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri kita semakin berkembang.

4. Fokus

Adanya akses internet mempermudah kita melakukan berbagai pekerjaan. Sayangnya, sebagian orang justru teralihkan fokusnya. Kebanyakan tergoda bermain media sosial, belanja daring, chatting, dan sebagainya. Untuk menghindari hal ini, buatlah jadwal waktu fokus dalam pekerjaan dan pada saat bermain media sosial. Ingat pada tujuan awal kita.

5. Buat Tujuan yang Jelas

Lakukan semua pekerjaan dengan tujuan yang jelas supaya mudah dalam penyelesaiannya. Jika kita sudah paham kerangkanya maka pekerjaan akan lebih gampang diselesaikan.

6. Mencari Motivasi Diri

Dalam sebuah pekerjaan, tentu kita akan menghadapi berbagai rintangan yang tidak terduga. Rintangan tersebut bisa saja muncul dari faktor internal maupun eksternal. Saat menghadapi berbagai masalah yang dapat memberi pengaruh negatif pada kinerja kita, hal paling mudah yang dapat dilakukan adalah mencari motivasi dalam diri sendiri.

Kenapa kita memilih pekerjaan tersebut? Sanggupkah kita meninggalkan posisi yang telah dicapai hanya karena masalah yang muncul? Yakinlah bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya. Motivasi diri kita untuk terus bersemangat serta mencari solusi atas segala persoalan yang terjadi. Jangan membuang waktu dan justru terlarut dalam masalah.

7. Memberi Penghargaan pada Diri

Penghargaan kepada diri sendiri merupakan salah satu hal yang sering dilewatkan dan tidak dianggap penting. Nyatanya sebuah penghargaan merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen waktu. Penghargaan dapat memotivasi kita untuk lebih giat dan semangat.

Rencanakanlah sebuah penghargaan sederhana bagi diri sendiri setiap berhasil menyelasikan sebuah tugas atau pekerjaan baik yang ringan maupun berat. Bentuk penghargaan yang diberikan harus spesifik, tetapi realistis dan bisa didapatkan atau langsung dilaksanakan dalam waktu dekat.

Manajemen waktu akan lebih mudah dilakukan jika kita menerapkan cara di atas. Ingatlah bahwa waktu tak akan dapat diulang. Oleh karena itu, manfaatkan waktu yang kita miliki sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan dengan jelas sehingga kita tahu untuk apa waktu digunakan.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like