Jangan Sepelekan! Bumbu Dapur Ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Source: tribunnews.com

Hai, Miks!

Sehat memanglah hal yang sangat diinginkan oleh semua orang, bukan hanya yang tua, yang muda pun mengharapkan bisa sehat terus. Nikmat sehat memang lebih besar dibandingkan dengan nikmat lainnya. Bagaimana tidak? Bayangkan jika Anda memiliki harta berlimpah, bisa membeli rumah, mobil, dan sebagainya, tetapi sedang sakit. Anda hanya bisa berbaring di kasur dan banyak pantangan yang boleh dimakan.

Nah, oleh karena itu, nikmat sehat tidak bisa disepelekan. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat pastinya dibutuhkan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, berolahraga juga sangat dibutuhkan untuk melatih otot-otot dalam tubuh. Satu hal lagi yang terkadang orang terlupa adalah dengan menjaga bagian organ dalam tubuh kita.

Beberapa bumbu dapur yang sering kita temui berikut ini mengandung zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh:

1. Kunyit

Kunyit adalah jenis rimpang yang terkenal memiliki warna kuning. Kalau di daerah sunda, kunyit sering disebut dengan koneng. Banyak sekali manfaat kunyit, ketika masak, kunyit sering digunakan untuk menambah nikmat rasa masakan dan membuat warna masakan menjadi kuning.

Selain manfaat yang sudah biasa digunakan di dapur tersebut, kunyit juga mengandung zat kurkumin. Zat kurkumin ini berfungsi untuk menekan peradangan dan sebagai anti oksidan sehingga kunyit berperan besar dalam mengurangi peradangan dalam tubuh seperti penyakit kanker, radang sendi, bahkan radang lambung sebagai salah satu gejala penyakit mag.

2. Jahe

Jahe sudah banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan sebagai bahan minuman yang biasa disebut wedang jahe. Minuman dengan campuran utama air, gula merah, dan jahe ini memiliki rasa yang kaya, manis, pedas, dan segar.

Kandungan Gingerol pada jahe dapat mencegah struk dan penyakit jantung. Karena zat gingerol pada jahe dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit yang menyertainya seperti struk atau jantung. Selain fungsi tersebut, jahe juga dapat mengurangi rasa mual dan mengurangi iritasi pada kulit.

3. Lengkuas

Siapa yang tidak mengenal lengkuas? Biasanya kalau masak, lengkuas digeprek dan dicampurkan dengan bumbu lainnya. Lengkuas memberikan aroma segar pada masakan dan menambah cita rasanya. Selain itu, lengkuas juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Pemanfaatan lengkuas untuk kesehatan adalah dengan menggunakan rimpangnya. Rimpang lengkuas memiliki kandungan minyakatsiri yang dapat meningkatkan gairah seksual, mengomati reumatik, dan menambah nafsu makan.

Pasti Anda sering menemui kelima bumbu dapur tersebut, kan. Nah, mulai sekarang jangan disepelekan manfaatnya, ya. Selain untuk membuat nikmat rasa masakan, ada banyak manfaat dari bumbu tersebut. Anda bisa gunakan sebagai bahan seduhan minuman juga atau untuk campuran. Selamat menikmati.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like