Tips Sinergi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Source: studyincanada.com

Hai, Miks!

Pandemi virus corona masih terus melanda negeri. Hal tersebut, membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk tetap belajar di rumah dengan menerapkan Pendidikan Jarak Jauh atau biasa disebut PJJ.

Dalam menjalankan masa PJJ ini, tentunya peran guru dan orang tua sangat vital dan penting sekali bagi kelancaran siswa belajar. Tidak bisa hanya dengan mengandalkan guru atau orang tua saja secara sepihak. Sebab, sejatinya keberhasilan pendidikan merupakan keberhasilan bersama antara siswa, guru, dan orang tua.

Nah, mengingat betapa pentingnya pendidikan untuk anak, perlu kiranya semua pihak bersinergi demi menciptakan pendidikan yang berkualitas. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang di mana anak lebih banyak belajar di rumah.

Berikut tips untuk guru dan orang tua untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi peserta didik:

1. Samakan Visi, Misi, dan Tujuan

Agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara baik di rumah dalam rangka pembelajaran jarak jauh ini, orang tua dan guru harus menyamakan visi, misi, dan tujuan dalam pendidikan peserta didik. Di sini, baik orang tua dan guru harus memiliki satu pandangan bahwa pendidikan yang terbaik harus diberikan kepada anak, bagaimana pun caranya.

Pemahaman mengenai pembelajaran di rumah yang diharapkan dapat berjalan lancar pun, tidak memberatkan anak-anak dan orang tua di rumah.

2. Jalin Komunikasi

Poin penting agar terlaksananya pembelajaran jarak jauh adalah adanya komunikasi. Komunikasi yang dimaksud di sini tentunya adalah komunikasi dua arah antara orang tua dan guru. Jadi, guru tidak hanya mengirimkan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan bantuan orang tua. Akan tetapi, guru juga harus mengomunikasikan materi, metode, dan cara mempelajari materi tersebut. Jika ada yang tidak dimengerti oleh orang tua, bisa langsung ditanyakan hingga keduanya sama-sama paham.

3. Bagi Tugas Secara Proporsional

Peran guru sebagai fasilitator dan orang tua sebagai pendamping peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh sama-sama penting dan tidak bisa digantikan baik belajar luring atau pun daring. Maka dari itu, guru dan orang tua harus membagi tugas secara proporsional sesuai fungsinya masing-masing.

Guru sebisa mungkin memberikan bahan ajar, menyampaikan materi pembelajaran dengan cara apa pun sehingga bisa dimengerti oleh peserta didik. Walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Bisa dengan menggunakan video pembelajaran, media seperti Zoom, Google Classroom, dan sebagainya.

Sementara itu, orang tua hanya mendampingi dan memastikan bahwa anak memang belajar di rumah. Sesuai dengan arahan yang telah guru berikan.

Dengan adanya sinergisitas antara guru dan orang tua, maka diharapkan pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana dengan baik. Jangan sampai pembelajaran jarak jauh justru memberatkan dan memberikan tekanan pada semua pihak, seperti; guru, orang tua, dan siswa disebabkan tidak sinerginya dan tidak proporsionalnya fungsi guru dan orang tua.

 

 

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like