Inilah 8 Kuliner Khas Padang yang Wajib Anda Coba Jika Berkunjung ke Sana

Source: qraved.com

Hai, Miks!

Berbicara tentang negeri kita tercinta satu ini selalu banyak hal yang menarik buat dibahas. Mulai dari destinasi wisata yang terkenal indah-indah terutama wisata alamnya, makanan, budaya dan lain sebagainya. Salah satu yang tak akan habis buat di ekplor adalah kulinernya. Indonesia yang memiliki kekayaan rempah membuat kulinernya terkenal paling mantap dibanding negara lain. Dari beberapa yang terkenal salah satunya yaitu makanan khas Padang.

Makanan khas padang yang terkenal akan kepekatan bumbu rempahnya. Yang terkenal adalah rendang, tetapi selain itu masih banyak lagi yang perlu Anda tahu.

Anda penasaran dan ingin tahu apa saja? Yuk, simak 10 makanan khas padang berikut ini.

1. Lamang Tapai

Makanan khas satu ini salah satu makanan khas minang yang terbuat dari ketan yang dimasak bercampur gula sehingga memiliki rasa manis.

2. Cancang

Merupakan makanan olahan berbahan daging kambing yang dicincang dan di masak dengan santan kelapa ditambah cabai serta bumbu khusus, hingga aroma kambingnya hilang.

Makanan ini memiliki ciri khas pedas karenanl berbalur cabai rawit dan cabai merah. Cocok bagi Anda pecinta pedas untuk mencicipi makanan ini jika berkunjung ke Padang.

3. Gulai Banak

Kuliner berikutnya yaitu gulai banak. Dari namanya saja sudah unik kan Miks? Gulai banak olahan makanan dengan bahan otak sapi yang dimasak bumbu gulai. Otak sapi dipotong kecil-kecil. Meskipun otak sapi harus dihindari bagi Anda yang memiliki kolestrol tinggi, tetapi otak sapi juga memiliki kelebihan terkandung vitamin B5 dan B12 yang bagus untuk menjaga stamina tubuh.

4. Sala Lauak

Makanan khas ini berasal dari Padang Pariaman. Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu dicampur ikan laut. Kemudian dibentuk bulatan kecil-kecil seperti cilok dan selanjutnya digoreng.
Sala Lauak ada dua jenis yaitu sala lauak lunak (berbahan ikan sathuak) dan sala lauak keras (berbahan ikan asin).
Makanan ini biasanya untuk acara adat di Padang, khususnya daerah Pariaman.

5. Sate Padang

Sate Padang memiliki bahan dasar daging sapi, jeroan dan lidah sapi. Jika di Jawa sate menggunakan bumbu kacang, sate Padang menggunakan bumbu kuning seperti kare.

6. Sate Lokan

Sate ini berbahan dasar kerang. Dimasak menggunakan nanas dan jeruk nipis, untuk menghilangkan aroma amis. Bumbunya sama dengan sate Padang berbahan sapi.

7. Pinyaram

Ini merupakan camilan khas Padang, bentuknya menyerupai kue cucur. Tetapi ciri khasnya Pinyaram dibuat dari tepung dicampur gula merah sehingga warna merah kecoklatan terlihat seperti kue karamel.

8. Rendang

Untuk yang satu ini pasti Anda sudah tahu, karena makanan satu ini pasti menjadi menu utama di rumah makan Padang yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Apalagi kalau bukan rendang. Rendang berbahan dasar daging sapi yang dimasak bareng dengan bumbu rempah komplit sampai tekstur dagingnya empuk.

Itulah beberapa kuliner khas Padang yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke sana, Miks. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like