5 Tips agar Kulit Tetap Sehat di Musim Panas

Source: kumparan.com

Hello, Miks!

Akhir-akhir ini cuaca ekstrem melanda di beberapa wilayah Indonesia. Cuaca panas yang menyengat di siang hari, serta hawa dingin di malam hari, membuat kondisi tubuh menurun. Jika kita tidak menjaga asupan makanan dan olahraga teratur tubuh gampang sakit. Di siang hari, di saat cuaca panas, seringkali kulit terasa kering, gatal, kemerahan, dan bersisik. Seringkali karena ketidaktahuan,  kita menggaruk kulit yang gatal, nah, kita harus lebihhati-hati karena perubahan iklim ini akan menimbulkan luka dan jika dibiarkan akan menimbulkan infeksi kulit.

Nah, Miks 5 tips yang dapat dilakukan supaya kulit tetap sehat di musim panas ini.

1. Banyak Minum Air Mineral

Di saat musim panas ini tubuh akan mengeluarkan banyak keringat sehingga Anda akan merasa haus terus menerus. Anda harus bisa membaca sinyal yang diberikan oleh tubuh jika merasa haus segeralah minum, minimal 8 gelas sehari sehingga tubuh tidak kekurangan cairan/dehidrasi. Akan lebih baik jika sesekali minum air kelapa, akan menambah kesegaran tubuh, serta menganti ion tubuh yang hilang.

2. Konsumsi Vitamin E dan C

Vitamin E dan C sangat diperlukan oleh kulit supaya tidak kering. Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan, buah-buahan seperti alvokat, kiwi, mangga. Vitamin C banyak dijumpai pada buah jeruk, kiwi, pepaya, stroberi, cabai merah.

3. Suplemen Vitamin E

Untuk menambah asupan vitamin E dalam tubuh, jika Anda kurang dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, bisa ditambahkan suplement vitamin E. Suplement vitamin E banyak dijumpai di apotik dan swalayan seperti Natur E, Liproqy, Ever E 250, dan masih banyak lagi yang fungsinya membuat kulit halus, sehat, dan terawat dari dalam.

4. Pelembab

Pelembab sangat diperlukan supaya kulit muka tidak kering dan cepat keriput. Untuk itu, sehabis mandi atau sebelum memakai makeup ada baiknya selalu mengoleskan pelembab agar kulit tetap lembab dan tampilan makeup pun lebih sempurna dan terkesan lebih muda.

Selain wajah, badan juga membutuhkan pelembab supaya kulit tidak bersisik. Pelembab untuk tubuh bisa menggunakan baby oil yang dicampurkan ke dalam air kemudian digunakan untuk mandi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan  minyak zaitun dan hand body lotion.

5. Tabir Surya

Ketika musim panas, kulit akan terasa kering dan bersisik. Ada baiknya selalu menggunakan tabir surya agar kulit kita terlindungi dan tidak belang ketika beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya berfungsi mencegah supaya tidak terpapar UV yang menyebabkan kerusakan kulit.

Ketika berada di luar ruangan terus menerus ada baiknya mengoleskan krim tabir surya agar kulit terlindungi dari sengatan matahari. Cara memilih sunscreen yang bagus adalah tergantung pada kegiatan Anda. Apabila Anda memiliki kegiatan di luar ruangan dan mungkin terpapar sinar matahari lebih dari dua jam, Anda dapat menggunakan sunscreen minimal SPF 15 dan SPF 30.

Nah, Miks beberapa tips yang bisa kita lakukan di saat musim kemarau ini, supaya kulit kita tetap sehat, tidak kering dan kusam. Karena cuaca yang ekstrim dan masih masa pandemi menjaga kesehatan secara keseluruhan wajib kita lakukan. Selain sehat tubuh kita, kulit juga sehat dan berseri. Semoga bermanfaat.

2 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like