Tradisi Warga Tasikmalaya Menyambut Tahun Baru Hijriah, Ada Pawai Obor

Source: beritabaik.id

Hai, Miks!

Setiap tanggal 1 Muharram, umat Islam menyambut pergantian tahun baru yang biasa disebut sebagai tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah. Tentunya bukan tanpa alasan tahun baru Hijriyah disemarakkan. Salah satu alasannya adalah untuk memeriahkan peringatan hari besar Islam. Di mana pada tanggal ini terjadi peristiwa hijrah besar-besaran umat Islam dan Nabi Muhammad saw. untuk menyelamatkan umat muslim dan memperluas ajaran agama Islam.

Sebagai bentuk kecintaan kepada agama, umat Islam selalu memeringati pergantian tahun baru Islam setiap tahunnya. Selain itu, peringatan tahun baru Islam juga sebagai napak tilas mengenai perjuangan dalam menyebarkan ajaran Islam. Bagaimana Rasulullah dan para sahabatnya berjuang dan berkorban agar agama Islam diterima di seluruh muka bumi hingga menjadi rahmatan lil’alamiin.

Berbagai macam cara untuk meramaikan dan menyemarakkan pergantian tahun baru Islam tersebut. Berikut beberapa kegiatan yang dilakukan warga Tasikmalaya dalam Menyambut pergantian tahun baru Islam. Chek this out!

1. Istigosah

Setelah menunaikan ibadah salat Maghrib, warga Tasikmalaya berkumpul di surau atau masjid atau musala terdekat yang mengadakan istigosah. Hal ini mengikuti himbauan dari MUI Kota Tasikmalaya yang menghimbau untuk melakukan istigosah dalam menyambut pergantian tahun baru Islam.

Ketika istigosah, masyarakat berdoa bersama-sama untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan kebaikan negara Indonesia. Dilanjutkan dengan membaca surat yasin bersama hingga selesai. Semoga dengan adanya istigosah, Indonesia menjadi negara aman dan damai.

2. Pawai Obor

Setelah melaksanakan istigosah dan salat Isya, masyarakat baik yang tua atau muda, laki-laki atau perempuan, anak-anak atau orang tua, semua ikut memeriahkan pergantian tahun baru Islam dengan pawai obor.

Pawai obor sendiri dimaksudkan untuk menyiarkan Islam di kampung. Dimeriahkan dengan menggunakan beduk, semua berkeliling kampung membawa obor sambil tidak lupa menyenandungkan puji-pujian pada Allah dan salawat.

3. Perlombaan

Berbagai perlombaan menjelang pergantian tahun baru Islam pun dilaksanakan. Khususnya lomba dilaksanakan untuk anak-anak agar menambah wawasan mengenai Islam, seperti: lomba cerdas cermat tentang Islam, lomba azan, lomba tahfiz Quran, dan lomba membaca Al-Qur’an.

Berbagai kegiatan dilaksanakan bukan hanya semata untuk menyemarakkan dan memeriahkan pergantian tahun baru Islam. Akan tetapi, untuk dakwah Islam di kampung masing-masing. Sekaligus untuk syiar agama Islam.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan lagi ketaqwaan kepada Allah dan menggaungkan dakwah Islam.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like