Meningkatkan Pertumbuhan Otak hingga Mencegah Depresi, Ini 5 Manfaat Ikan yang Wajib Anda Ketahui

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Ada banyak manfaat ikan yang sangat baik bagi tubuh. Tak hanya ayam dan daging, ikan juga merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Indonesia sendiri terkenal sebagai negara kepulauan dan salah satu penghasil ikan berkualitas terbesar di dunia. Bahkan, hasil ikan terbaik dari Indonesia diekspor ke berbagai negara.

Sayangnya, hal tersebut tak berjalan lurus dengan minat rakyat Indonesia untuk mengonsumsi ikan. Khususnya di Pulau Jawa, masyarakat yang mengonsumsi ikan persentasenya sangat rendah. Padahal, ikan memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat, terlebih pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum tahu manfaat ikan bagi kesehatan. Mereka lebih suka mengonsumsi ayam dan daging daripada ikan, sebagai sumber protein hewani. Padahal, dibandingkan dengan kedua jenis daging itu, ikan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Selain itu, harga ikan juga lebih terjangkau dibandingkan keduanya, terutama pada daging sapi.

Di bawah ini adalah manfaat mengonsumsi ikan yang harus Anda ketahui.

1. Membantu Pertumbuhan Otak dan Tulang pada Anak

Tak hanya mengandung tinggi protein, asam lemak omega 3, vitamin D, fosfor, dan kalsium juga terdapat pada ikan. Omega 3 ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan otak. Sedangkan vitamin D, fosfor, dan kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang.

Selain kandungan nutrisi yang baru disebutkan, mineral dan berbagai macam vitamin seperti zat besi, zink, vitamin B2, kalium, magnesium, dan yodium juga terdapat pada ikan. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh.

2. Membantu Pencegahan Penyakit Jantung

Salah satu manfaat ikan bagi kesehatan adalah mencegah penyakit jantung. Di Indonesia, kementrian kesehatan menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi ikan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Sebab, kandungan vitamin, mineral, dan protein yang ada pada ikan bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan strok, serta menurunkan hipertensi.

Ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi seperti tuna, sarden, salmon, dan makarel, memiliki manfaat untuk mengurangi kadar lemak darah dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terkena serangan jantung juga bisa diminimalisir.

3.Mencegah Alzheimer

Dalam sebuah hasil penelitian disebutkan, bahwa dengan mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dapat meningkatkan ketajaman ingatan seseorang. Sebab, mengonsumsi ikan panggang bisa memperbesar volume dan sel otak manusia. Volume otak yang besar dipercaya oleh para ahli, memiliki potensi penyakit alzheimer yang lebih rendah.

Kemungkinan, hal tersebut berkaitan dengan bagian otak yang mengandung neuron. Bagian ini yang berfungsi mengolah informasi dan menyimpan memori ingatan. Hal itu disebut dengan substansi abu-abu yang mengatur ingatan dan emosi pada otak.

4. Mencegah Depresi

Dalam beberapa penelitian telah dibuktikan, bahwa manfaat ikan bagi kesehatan di antaranya bisa membantu mencegah resiko depresi. Kandungan omega 4 pada ikan bisa meningkatkan efektivitas obat anti depresan. Selain itu, omega 3 juga dapat mengatasi gangguan mental, salah satunya adalah bipolar.

5. Manfaat Lainnya

Selain 4 manfaat di atas, ikan juga memiliki beberapa manfaat lain, yaitu:

  • melindungi mata dari degenerasi makula atau penuaan, khususnya pada wanita
  • mencegah asma pada anak
  • menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 1 pada anak-anak dan orang dewasa

Itulah beberapa manfaat ikan bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Setelah mengetahui manfaat ikan yang sangat besar itu, semoga Anda jadi lebih sering mengonsumsi ikan, dan memberikan ikan pada anak-anak untuk kesehatan dan kecerdasan mereka, ya, Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like