Tips Mengatasi Pakaian Berbau Apek dalam Lemari

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Pernah merasa kesal karena baju di lemari apek? Tentu tidak menyenangkan mendapati baju kesayangan ternyata berbau tidak sedap. Pakaian berbau apek tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa jadi mempengaruhinya.

Nah, bberapa tips berikut bisa menghindari pakaian Anda berbau apek.

Kondisi Pakaian

Pakaian yang dicuci dan disimpan secara benar tentu sangat berpengaruh pada kondisi pakaian nanti. Jika tidak dilakukan dengan tepat, tentu dapat menimbulkan bau apek.

Saat Pencucian

• Jangan merendam pakaian terlalu lama, idealnya pakaian direndam paling lama 1 jam. Jika direndam seharian, maka pakaian dengan sendirinya sudah berbau tidak sedap.

• Bilas cucian sampai bersih tuntas untuk menghilangkan sisa-sia detergen.

• Segera keluarkan cucian dari mesin cuci setelah selesai mencuci. Jika mencuci dengan tangan, segera jemur cucian untuk dikeringkan. Jangan didiamkan terlalu lama.

Saat Penjemuran

• Jemurlah pakaian di tempat yang kena terik matahari agar air pada pakaian cepat memuai. Baliklah pakaian dengan bagian dalam yang kena panas agar warna pakaian luar tidak cepat luntur.

• Jika cuaca sedang mendung, jemur pakaian di tempat di mana angin leluasa masuk. Jika dijemur di dalam ruangan yang tidak berangin, sedikit banyak akan mempengaruhi pengeringan pakaian. Makin lama kering, pakaian lebih cenderung berbau apek.

• Jika pakaian sudah kering, cepat-cepatlah diangkat dan disetrika. Jika dibiarkan sampai malam, pakaian bisa jadi mengembun dan jadi setengah basah kembali.

Saat Penyimpanan

• Pastikan pakaian benar-benar kering sebelum disetrika dan disimpan. Selain akan berbau apek, menyetrika pakaian yang belum kering sempurna juga dapat merusak serat kain pakaian.

• Jangan mencampur pakaian yang belum dicuci dengan pakaian yang bersih karena bau pada pakaian kotor akan menulari pakaian bersih.

• Menggantung pakaian lebih baik daripada menumpuk karena lebih mudah mendapatkan aliran udara.

• Keluarkan pakaian yang telah lama disimpan, angin-anginkan secara rutin.

Kondisi Lemari

Lemari sebagai tempat penyimpanan pakaian tentu tak luput mempengaruhi bau pakaian. Beberapa hal pada kondisi lemari yang bisa mempengaruhi pakaian menjadi bau apek.

Bahan Baku Lemari

Bahan baku lemari dari multiplex memberikan aroma lebih tak sedap apalagi saat lembap, jika dibandingkan dengan lemari yang berbahan kaca. Dari segi harga juga berbeda, lemari kaca lebih mahal daripada yang berbahan multiplex.

Ventilasi Udara Lemari

Usahakan menggunakan lemari yang memiliki ventilasi udara, seperti lubang-lubang, agar udara lemari bisa berganti.

Peletakan Lemari

Beri jarak antara lemari dengan dinding. Kondisi suhu dinding yang rendah dan lembap juga dapat memengaruhi lemari menjadi lembap.

Kebersihan Lemari

Bersihkan lemari secara berkala. Pastikan kondisi lemari tidak lagi berdebu, tidak bau dan tidak lembap saat pakaian ada dalam lemari.

Penggunaan Pengharum Lemari

Sekarang ini banyak jenis merek pengharum lemari yang bisa kita pilih, tetapi sebagian orang masih menggunakan kapur barus sebagai pilihan. Penyebab salah satunya adalah karna kapur barus bisa didapatkan dengan harga terjangkau dan sudah turun temurun digunakan.

Padahal, selain menimbulkan bau apek, bau kapur barus juga sangat mengganggu karena sebenarnya fungsi utama kapur barus tersebut adalah untuk menyerap kelembapan udara dan mengusir ngengat pakaian, bukan untuk mengharumkan.

Berikut beberapa cara ekonomis yang bisa dipilih untuk menghilangkan bau dan mengharumkan lemari pakaian.

• Taruh kuntum bunga yang wangi, misalnya melati yang masih kuncup dalam mangkuk/wadah terbuka. Masukkan dalam lemari, wangi semerbak melati akan menghilangkan bau tak sedap. Jangan lupa mengganti bunga jika sudah layu.

• Basahi sedikit kapas dengan parfum, letakkan dalam wadah terbuka di lemari. Wanginya akan menebar samar-samar pada pakaian. Basahi lagi kapas dengan parfum jika sudah tidak wangi.

• Taruh potongan sabun mandi yang wangi dalam wadah terbuka, lalu tempatkan dalam lemari. Wangi segar dari sabun akan menyebar dalam lemari.

Itulah beberapa tips menghilangkan bau apek pada pakaian dalam lemari. Dengan pakaian yang wangi, tentu akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Selamat mencoba, ya, Miks.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like