Inilah 7 Kiat Single Parent Mencetak Anak Sukses

Source: pexels.com

Hello, Miks!

Perceraian mempunyai dampak bagi anak-anak, baik itu cerai mati atau hidup. Anak-anak harus menerima kenyataan ayah dan ibunya terpisah, dan tidak memperoleh kasih sayang utuh dari keduanya.

Untuk itu peran orang tua yang mendapat hak  asuh anak harus bisa membesarkan hati mereka agar tidak larut dalam kesedihan dan depresi, tidak berkecil hati ketika berada di lingkungan sosial dan tetap semangat meskipun keadaan rumah tidak seperti dulu lagi.

Nah, buat single Parent beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anak sukses :

1. Selalu Mendampingi Anak

Sebagai seorang single parents, sesibuk apa pun Anda harus mengedepankan komunikasi dengan anak. Anda bisa memantau aktivitas keseharian anak, bagaimana kegiatan di sekolah, les, ketika bermain dengan teman-temannya. Ketika ada masalah, segeralah bertindak supaya anak tetap merasa diperhatikan, merasa aman, dan anggapan negative anak terhadap Anda karena perceraian tergantikan oleh perhatian dan kasih sayang.

2. Berikan Pemahaman kepada Anak

Memberikan pemahaman kepada anak mengapa ayah dan ibunya berpisah. Dengan penjelasan yang baik tanpa menjelekkan pasangan dan memastikan anak akan baik-baik saja meskipun orang tuanya berpisah.

3. Memenuhi Kebutuhan Financial

Sebagai orang tua tunggal, Anda harus berusaha memenuhi kebutuhan anak dengan bekerja sesuai kemampuan. Tanggung jawab terasa berat karena dipikul sendiri tanpa campur tangan pasangan. Untuk itu harus ada kesepakatan antara kedua belah pihak untuk membiayai kebutuhan dan pendidikan anak hingga dewasa.

4. Libatkan Orang Terdekat dalam Mengasuh Anak

Meminta saudara, kakek, dan nenek membantu mengawasi anak di saat Anda bekerja. Dengan pengawasan dari keluarga, Anda yang sedang bekerja merasa aman dan anak juga merasa nyaman karena diasuh oleh keluarga sendiri.

5. “Me Time” Bersama Anak

Di saat libur ajaklah anak melakukan kegiatan bersama seperti menonton bioskop, makan di café, tempat rekreasi sehingga anak merasa senang dan hubungan anak dan orang tua lebih dekat. Anak tidak merasa sedih karena perpisahan orang tua. Dengan hidup dengan orangtua tunggalpun mereka bahagia.

6. Dukung Hobi Anak

Orang tua harus bisa melihat potensi anak, dan berusaha mendukung dan mengembangkan hobi mereka. Anak akan merasa termotivasi dengan didukung orang tua yang mengetahui kemauan mereka. Memberi kebebasan anak untuk berkarya agar kelak menjadi  bekal ketika mereka dewasa.

7. Terapkan Aturan Rumah

Anak harus dibiasakan hidup disiplin mulai sejak dini. Kapan waktu belajar, bermain, dan les sehingga anak terbiasa menghargai waktu dan mematuhi peraturan yang dibuat oleh orang tua mereka. Dengan adanya aturan anak akan hidup teratur.

Demikian Miks, kiat agar anda sebagai single Parent sukses mendidik anak, tetap semangat dan mampu membuktikan bahwa  single Parent tidak selalu mendapat paradigma yang negatif, serta mampu merubah pandangan positif masyarakat tentang mereka. Semoga bermanfaat.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like