Yuk, Biasakan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Pribadi yang Open Minded

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Open minded, seperti yang kita tahu bahwa pengertiannya adalah pemikiran yang terbuka. Lebih luasnya, sebuah pemikiran yang terbuka terhadap segala hal. Misalnya, pendapat orang lain, masukan dari orang lain, atau pun hal-hal yang berkaitan dengan sudut pandang yang berbeda dan membutuhkan pertimbangan yang lebih matang.

Berbicara tentang open minded, tidak semua orang mampu bersikap seperti ini. Apalagi jika mengingat sekarang lebih banyak orang-orang yang menilai sesuatu secara subjektif tanpa melihat dari sudut pandang lainnya. Bahkan, jika dikatakan mungkin orang-orang yang memiliki sikap open minded bisa terhitung jari. Bersikap open minded ini tidaklah sulit selama kita memiliki keinginan untuk mencobanya. Akan tetapi, jika tidak pernah ada keinginan, maka jangan pernah berharap untuk mampu bersikap open minded.

Perlu kita ketahui ternyata ada beberapa hal yang mampu membentuk sikap open minded ini dengan membiasakan diri melakukan hal-hal yang menjurus pada sikap open minded. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang membiasakan diri melakukan 5 hal agar kamu menjadi pribadi yang open minded.

1. Jangan Mudah Mempercayai Sesuatu

Mengingat betapa mudahnya lisan mengucapkan kebohongan, Anda seharusnya tidak mudah mempercayai apa yang orang katakan kepada Anda. Apalagi jika yang mereka ucapkan adalah hal negatif. Cobalah untuk menyelidikinya lebih dulu. Dengan membiasakan diri melakukan hal ini, Anda akan terbiasa juga untuk bersikap open minded atau pemikiran Anda akan lebih terbuka terhadap segala hal karena Anda tidak mudah mempercayai sesuatu.

2. Usahakan untuk Tidak Mudah Terpancing Omongan Orang Lain

Cobalah untuk mengatur emosi dan ego Anda. Terkadang ada beberapa orang yang sengaja mengeluarkan statement atau sudut pandangnya terhadap sesuatu agar Anda masuk dalam perangkapnya dan mudah terpancing oleh omongannya. Dengan Anda mampu mengatur emosi dan ego, maka pemikiran akan terbiasa menjadi lebih terbuka. Hal ini terbukti dari setiap pemikiran yang tenang dan jernih akan melahirkan pemikiran yang terbuka pula.

3. Pertimbangkan Segala Sesuatu dari Berbagai Sudut Pandang

Ini merupakan hal yang sangat penting. Sudut pandang diri Anda sendiri memang penting, akan tetapi itu bukan berarti Anda menutup diri dari sudut pandang dari orang lain. Hal yang paling mendasar akan tetapi memiliki efek yang besar adalah ketika Anda mampu menerima sudut pandang orang lain. Saat Anda mampu bersikap seperti itu, saat itu juga kamu telah menjadi pribadi yang mampu bersikap open minded.

4. Bergaullah dengan Orang-Orang yang Open Minded Juga

Berteman atau bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran terbuka, itu akan sangat membantu Anda untuk mampu bersikap open minded juga. Ini adalah faktor eksternal yang memiliki peran sangat penting dalam proses pertumbuhan pemikiran. Oleh karena itu, cobalah dan biasakan diri sendiri untuk memilih lingkungan yang mampu membentuk karakter Anda menjadi lebih baik dan memperluas pemikiran menjadi lebih terbuka.

5. Cobalah untuk Lebih Memperluas Relasi

Makin Anda memperluas relasi maka akan makin banyak sesuatu yang Anda pertimbangkan dan Anda mampu belajar dari mereka. Jangan sepelekan hal ini karena saat Anda memiliki lebih banyak teman-teman, bahkan rekan kerja. Maka, saat itu juga Anda akan makin berpikir dan mampu menentukan mana yang terbaik bagi diri sendiri. Dengan hal ini tanpa Anda sadari pemikiran Anda akan lebih terbuka. Ingat, guru terbaik adalah pengalaman dan pengalaman terbaik adalah sesuatu yang mampu membuat Anda bahagia dan berkembang menjadi lebih baik.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang harus Anda biasakan agar menjadi pribadi yang open minded. Semoga kita adalah orang-orang yang mampu bersikap open minded terhadap segala sesuatu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like