Cara Alami Atasi Biang Keringat

Source: alodoktor.com

Hai, Miks!

Berbicara soal biang keringat, tak sedikit orang yang mengalaminya. Apalagi saat cuaca begitu panas atau terik. Biang keringat merupakan ruam kecil yang terdapat pada kulit. Ciri umum munculnya biang keringat yaitu berwarna merah, terasa gatal, menyengat, dan menusuk kulit.

Biang keringat biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak dan bayi. Namun, orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Umumnya, biang keringat ini terjadi saat seseorang terlalu banyak berkeringat, misalnya saat cuaca lembab atau panas. Keringat yang berlebihan bisa menyebabkan keringat terperangkap di bawah kulit yang kemudian akan menyebabkan iritasi kulit dan ruam panas.

Biang keringat juga bukan tergolong kelompok penyakit yang menular, tetapi keberadaannya sangat mengganggu dan perlu ditangani.

Berikut tips atasi biang keringat secara alami:

Oleskan Minyak Jarak

Berdasarkan hasil penelitian kesehatan, minyak jarak dapat digunakan sebagai obat biang keringat karena sifatnya mampu mengontrol keringat berlebih di kulit.

Caranya, cukup usapkan minyak pada kulit yang terkena biang keringat, lalu tunggu beberapa menit hingga benar-benar menyerap.

Oleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya juga diyakini ampuh sebagai obat untuk biang keringat dan menghentikan area jangkitan biang keringat.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda cukup mematahkan daun lidah buaya, lalu oleskan gelnya pada kulit setiap hari.

Oleskan Madu

Kandungan anti-inflamasi pada madu dipercaya dapat mengatasi biang keringat. Anda cukup mengoleskan madu secukupnya pada kulit yang terjangkit biang keringat. Setelah itu, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatakan hasil yang maksimal.

Mandi Air Dingin

Umumnya, biang keringat akan mereda dengan sendirinya setelah cuaca dingin. Oleh karena itu, mandi dengan air dingin sangat disarankan untuk membantu mengatasi masalah biang keringat.

Membilas kulit dengan air dingin juga bisa membuka pori-pori yang tersumbat.

Cari Tempat Dingin

Berada di tempat yang dingin adalah cara yang paling mudah untuk menghindar dari masalah biang keringat. Tempat yang dingin pada umumnya berdekatan dengan ventilasi dan jendela rumah.

Anda juga menghidupkan pendingin ruangan seperti kipas atau AC.  Dengan berada di ruang dingin, kulit Anda tidak akan mengeluarkan keringat dan terhindar dari biang keringat.

Itulah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk atasi biang keringat. Semoga bermanfaat, Miks!

 

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like