Inilah 3 Kuliner Khas Tanah Sunda yang Wajib Anda Coba

Source: food.detik.com

Hai, Miks!

Tanah Sunda atau daerah priangan seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya ataupun daerah Jawa Barat lainnya memang memiliki suasana yang cukup sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat beristirahat atau berlibur bersama keluarga.

Daerah yang dikelilingi gunung dan dataran tinggi ini, menyajikan pemandangan indah dan hijau dipandang mata. Sebut saja daerah Puncak Bogor atau Lembang Bandung, banyak berdiri vila-vila sebagai tempat peristirahatan. Jika hari Sabtu atau Minggu jalanan menuju tempat-tempat tersebut pasti dipenuhi pengendara bermotor. Ditambah lagi dengan beberapa destinasi wisata keluarga, membuat daerah tersebut menjadi tujuan wisatawan.

Namun, jika main ke daerah-daerah yang berada di wilayah Tanah Sunda, jangan sampai terlewat untuk mencicipi kuliner khasnya. Berikut kuliner Tanah Sunda yang recommended dan wajib Anda coba:

1. Seblak

Seblak merupakan jajanan khas yang terbuat dari kerupuk mentah. Terdapat dua jenis seblak, yaitu: seblak basah dan seblak kering. Seblak basah, kerupuk mentah dimasukkan ke dalam kuah yang telah diberi bumbu. Sementara itu, seblak kering terbuat dari kerupuk yang dibantatkan kemudian digoreng dan diberi bumbu.

Khas dari seblak ini adalah rasa pedas yang dimilikinya. Makin pedas, makin nikmat untuk dicicipi. Akan tetapi, bagi yang tidak suka pedas, bisa juga memesan tanpa sambel atau cabai. Rasanya, tetap enak.

2. Nasi TO

Nasi Tutug Oncom atau yang biasa disebut nasi TO ini merupakan makanan khas dari Tasikmalaya. Nasi yang dicampurkan dengan olahan oncom ini, cukup banyak dicari oleh wisatawan dalam negeri. Cara pembuatan TO juga sangat unik, dengan oncom dibakar terlebih dahulu, kemudian ditutug bersama bumbu halus dan bahan lainnya.

Selanjutnya, TO yang sudah jadi, dicampurkan dengan nasi hangat. Paling enak kalau dihidangkan saat nasi baru matang dan makan bersamaan dengan cipe (tempe aci) atau bahasa indonesianya tempe terigu plus sambal dan lalapan.

3. Es Goyobod

Setelah makanan berat dan camilan khas Sunda, sekarang kita beralih ke minuman menyegarkan. Iyups, es goyobod. Mungkin sebagian ada yang baru mengenal nama es ini. Es goyobod merupakan es yang menu utamanya adalah goyobod.

Goyobod itu sendiri dibuat dari campuran tepung hankue dan sedikit aci ditambah pewarna makanan sedikit agar lebih variatif. Kemudian, dicampur dengan kuah yang terbuat dari air, santan, gula merah dan susu plus es batu. Agar lebih variatif, es goyobod ditambah dengan kelapa muda dan buah nangka. Rasa manis dan gurih es goyobod ini meleleh di lidah dan tidak bisa terlupakan.

Demikian kuliner khas Sunda yang sayang kalau dilewatkan untuk menambah pengalaman tak terlupakan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like