Anda Calon Ibu? Yuk, Kenali Baby Blues dan Cara Mengatasinya

Source: bacapikiran.com

Hai, Miks!

Beberapa bulan lalu adalah musim hajatan, khususnya adalah pernikahan. Bagi Anda yang baru menikah dan tidak menunda untuk memiliki momongan. Tips ini sangat bermanfaat untuk calon ibu baru sehingga ketika pasca melahirkan Anda di hadapkan dengan syndrome baby blues, Anda sudah tidak kaget lagi.

Apa, sih, baby blues? Baby blues merupakan perasaan emosional atau perubahan suasana hati yang dirasakan oleh ibu baru pasca melahirkan. Jika memiliki bayi seharusnya menjadikan rasa bahagia, tetapi orang yang mengalami syndrome baby blues ini mengalami perasaan sedih. Tanda-tanda lain di antaranya yaitu menangis berlebihan tak beralasan, mudah tersinggung dan tertekan, selalu berbicara negatif, kepercayaan diri menurun, dan selera humor hilang.

Baby blues terjadi karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang menurun yang mengakibatkan perubahan kimia di otak sehingga menimbulkan mood swing (perubahan suasana hati. Kelelahan karena kurang tidur juga bisa menjadi pemicu. Selain itu sebagai ibu baru pasti Anda juga masih belum beradaptasi karena berubahnya pola tidur. Pola tidur yang biasanya nyaman sampai pagi harus terjaga di malam hari mengikuti pola tidur si kecil.

Hal ini wajar, jika cepat tertangani dengan baik. Sebaliknya, jika dibiarkan maka akan berakibat pada depresi yang sesungguhnya. Biasanya baby blues terjadi 1—14 hari pasca melahirkan. Setiap orang berbeda-beda. Jika Anda cepat beradaptasi akan kehadiran si kecil maka akan cepat mengurangi syndrom baby blues.

Bagaimana cara mengatasi baby blues? Yuk, simak beberapa cara berikut:

1. Dukungan

Di sini peran penting harus dilakukan oleh pasangan ataupun keluarga. Jika isteri Anda mengalami Baby Blues, maka pahamilah. Ajaklah berbagi apa yang menjadi bebannya. Jangan ikut-ikutan tersulut emosi karena isteri bertingkah aneh.

2. Istirahat yang Cukup

Manfaatkan waktu tidur si kecil dan ikuti pola tidurnya, untuk Anda gunakan beristirahat. Agar ketika si kecil bangun, tubuh sudah fresh dan energi terkumpul kembali.

3. Makan yang Teratur

Pilih makanan yang banyak mengandung vitamin. Baik buah-buahan maupun sayuran. Jangan ragu meminta kepada pasangan untuk menyiapkannya, jika Anda masih merasa belum fit pasca melahirkan.

4. Batasi Pengunjung

Batasi orang yang mau mengunjungi Anda atau berikan waktu tertentu, supaya memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal ini juga dapat mengurangi syndrom baby blues.

Itulah ulasan mengenai baby blues dan cara mengatasinya, Miks. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like