Komunikasikan Hal Ini Dulu Sebelum Memberikan Ponsel kepada Anak

Source: siedoo.com

Hai, Miks!

Ponsel, handphone, atau smartphone dan sejenisnya memang sudah menjadi hal yang lumrah dimiliki. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, remaja, bahkan anak-anak pun sudah banyak yang memilikinya sendiri.

Namun, bukan berarti hal tersebut menjadikan orang tua dengan mudahnya memberikan ponsel kepada anak. Ada beberapa hal yang harus dikomunikasikan dan disikusikan sebelum mengambil keputusan untuk memberikan ponsel kepada anak. Berikut di antaranya:

1. Pemanfaatan

Sebelum memberikan ponsel pada anak, diskusikan dulu manfaat dari ponsel tersebut bagi sang anak. Untuk kebutuhan apa anak memerlukan ponsel? Apakah manfaat dari ponsel tersebut untuk sang anak?

Pertanyaan itu harus dijawab sedetail mungkin oleh anak dan orang tua dengan diskusi agar bisa saling memahami, bahkan ketika anak meminta untuk membeli ponsel. Anak harus diberikan pemahaman juga bahwa membeli sesuatu adalah berdasarkan kebutuhan bukan hanya berdasarkan keinginannya. Dengan begitu, anak akan memahami apa yang menjadi kebutuhan penting atau sekadar keinginan saja.

2. Tanggung Jawab

Memberikan ponsel, berarti memberikan tanggung jawab baru kepada anak untuk bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Maka, sebelum memberikan ponsel pada anak, ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu tanggung jawab inti yang akan diemban anak. Jangan sampai, ponsel menjadikan anak melupakan tanggung jawab pokoknya sebagai anak, sebagai pelajar, dan sebagai anggota masyarakat.

3. Risiko

Faktor risiko ketika anak memiliki ponsel juga harus diperhatikan. Seperti dalam hal bergaul di dunia nyata, begitu pun di dunia maya. Terkadang media sosial justru memberikan ruang lebih besar untuk anak-anak mengeksplorasi hal-hal negative. Oleh karena itu, sebelum memberikan ponsel kepada anak, ada baiknya, orang tua mendiskusikan risiko positif dan negative dari penggunaan ponsel.

Ajarkan anak untuk bisa menahan diri pada apa yang tidak boleh dilakukan dengan ponsel dan tetap berfokus pada tujuan serta pemanfaatan dari ponsel tersebut.

Setelah mendiskusikan hal tersebut, orang tua bisa menilai apakah anak sudah bisa diberikan ponsel atau belum. Apakah tepat untuk memberikan ponsel kepada anak saat ini. Anak pun diharapkan dapat memahami arti dari memiliki ponsel dan dapat memanfaatkan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Jangan sampai, anak-anak melakukan hal yang akan disesalinya di kemudian hari. Disadari atau tidak, mau atau tidak mau, orang tua harus mengakui bahwa dunia kini berada di satu genggaman. Maka, arahkan anak untuk bisa memanfaatkannya dengan bijak dan baik agar manfaat ponsel lebih terasa untuk kehidupan sang anak.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like