Si Kecil Tetap Menolak Tidur Siang? Ini yang Bisa Anda Lakukan

source: kingdomofbaby.com

Hai, Miks.

Tidur siang adalah aktivitas sederhana yang besar manfaatnya. Tidak saja anak-anak, orang dewasa pun dianjurkan tidur siang agar tubuh memiliki cukup energi untuk melanjutkan hari. Tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan kewaspadaan dan kreativitas, serta memperbaiki suasana hati.

Dengan beragam manfaatnya, tidur siang sangat dianjurkan para pakar kesehatan agar dibiasakan kepada anak sejak dini. Hanya saja, makin bertambah usia anak, saat aktivitasnya makin padat, tidur siang mulai sulit diterapkan. Selain itu, anak-anak yang bangun paginya terlambat cenderung tidak mau tidur siang karena belum mengantuk.

Berbagai cara orang tua mengupayakan agar anak disiplin tidur siang. Mulai menghentikan paksa kegiatan bermain anak, mematikan lampu, memberi hadiah bila mau tidur siang, atau cara lain. Semua bertujuan untuk membuat anak tidak melewatkan manfaat tidur siang. Akan tetapi, anak-anak tidak jarang menolak. Mereka selalu sibuk dengan dunia mereka yang seperti tidak ada lelahnya.

Memaksa anak tidak selalu baik, lo, Miks. Ada baiknya kita berdamai dengan keadaan dan menurunkan sedikit saja standar disiplin versi kita. Hal ini agar sebagai orang tua, kita tidak sering uring-uringan menghadapi anak yang kadang tidak sesuai dengan kemauan kita.

Bila anak tetap tidak mau tidur siang, apakah yang sebaiknya kita lakukan?

1. Pastikan Anak Menggantinya Saat Tidur Malam

Kalau total jam tidur dalam sehari sudah 7 sampai 8 jam, sudah cukup memenuhi kebutuhan tidurnya. Tidak perlu memaksanya tidur siang bila anak tidak mau. Aktivitas beragam sepanjang hari yang membuat anak lelah menjadikannya tidak mengantuk. Durasi tidur yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan sakit kepala, sakit punggung, dan depresi.

2. Pastikan Cukup Makan dan Minumnya

Anak-anak yang aktif bergerak harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik untuk menjaga agar tubuhnya tetap fit, meskipun tidak tidur siang.

3. Tambahkan Asupan Vitamin dan Mineral

Jangan lupa berikan anak tambahan vitamin, terutama vitamin C agar tidak mudah sakit karena kelelehan. Rutin minum madu dan habatussauda juga baik bagi pertumbuhannya sehingga lebih optimal.

4. Pastikan Aktivitasnya Positif

Orang tua tetap harus mengawasi setiap aktivitas anak. Tidak masalah melewatkan waktu sepanjang siang asal yang dilakukannya bermanfaat, sekalipun dikemas dalam bentuk permainan. Sekali-sekali ada baiknya orang tua mendampingi anak saat sibuk bermain.

Demikian yang harus dilakukan bila anak tetap menolak tidur siang. Jangan panik dulu, Miks. Biarkan mereka mengisi hari dengan ceria tanpa paksaan, tetapi tetap dalam pantauan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like