7 Hal Sederhana yang Harus Dijauhkan dari Anak Sejak Dini

Source: klikdokter.com

Hai, Miks!

Merawat dan mendidik anak adalah tugas utama orang tua. Tidak sekadar cukup makanan dan pakaiannya saja, nilai-nilai kebaikan harus ditanamkan sejak dini. Tugas orang tua yang paling utama adalah memberi teladan yang baik. Semua yang dipikirkan dan dilakukan anak sebagian besar adalah hasil pengamatan kepada orang terdekatnya, terutama kedua orang tuanya.

Tidak hanya itu, hal-hal sederhana dalam kehidupan yang tidak baik juga harus sejak dini dijauhkan dari anak. Hal ini agar sesuatu yang sepertinya sepele itu tidak terus menjadi kebiasaan anak hingga dewasa. Apa sajakah hal-hal buruk itu? Simak uraian berikut ini.

1. Suka Berbohong

Berbohong biasanya dilakukan saat anak terdesak dan memerlukan perlindungan diri. Ajarkan anak hingga memahami bahwa jujur itu menenangkan dan berbohong itu tidak baik. Pastikan menjadi kebiasaan dalam kesehariannya agar anak paham manfaatnya sejak dini.

2. Suka Membantah

Ajaklah anak berani mengungkapkan isi hatinya, kekesalannya, dan isi pikirannya dengan cara yang santun. Berilah contoh bagaimana sebaiknya bersikap jika ada pendapat yang tidak menyenangkannya. Segeralah memberi tahu saat anak membantah sesuatu yang benar dan baik, bahwa yang dilakukannya salah.

3. Tidak Mau Berterima Kasih

Anak harus dilatih mengucapkan kata ajaib ini sejak dini. Berikan pemahaman tentang perlunya menghargai perhatian dan pemberian orang lain dengan ungkapan yang baik sebagai tanda syukur.

4. Tidak Mau Minta Maaf

Mengajarkan anak minta maaf sama dengan melatih anak untuk tidak terbiasa egois. Pelan-pelan kenalkan dengan benar salah dan baik buruk agar paham apa yang sebaiknya dipilihnya dalam setiap langkah.

5. Boros

Mengajaknya berhemat dengan menabung adalah cara bijak melatih agar tidak boros. Sebisa mungkin, ajari anak menghargai segala sesuatu dengan cara tidak boros dan berlebihan.

6. Pelit

Sikap buruk yang satu ini sering kali karena anak meniru. Biarkan anak melihat orang tuanya suka berbagi dan bahagia dengan berbagi. Anak akan melihat bagaimana orang tuanya tidak pelit.

7. Tidak Menjaga Kebersihan

Tunjukkan anak mana yang bersih dan mana yang kotor dan akibatnya dengan contoh nyata. Anak akan melihat bagaimana sulitnya melakukan segala sesuatu bila jorok.

8. Iri dan Dengki

Sikap ini sepele, tetapi berpengaruh sangat besar dalam kehidupan anak kelak. Biasakan anak turut berbahagia melihat kebahagiaan orang lain dan turut berduka melihat orang lain berduka.

Nah, Miks, itulah delapan hal sederhana yang harus dijauhkan dari anak sejak dini. Bijaklah selalu dalam bersikap dan bertutur agar anak meniru hanya yang baik-baik saja dari orang tuanya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like