Inilah 5 Tips Bersepeda yang Sehat

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang memiliki segudang manfaat. Olahraga tersebut tak hanya mampu menyehatkan jantung, tetapi juga dipercaya dapat menurunkan penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung.

Hasil dari sebuah penelitian membuktikan bahwa bersepeda dengan jarak 32 kilometer per minggu mampu mengurangi risiko penyakit jantung sampai 50 persen. Manfaat kesehatan tersebut tidak didapatkan oleh orang-orang yang tidak rutin bersepeda.

Akan tetapi, bersepeda tak hanya mendayung sepeda sekadarnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar bersepeda membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Ada pun tips bersepeda yang sehat adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Irama Dayungan

Irama dayung sebaiknya pada 60/80 putaran per menit (rpm). Berbeda dengan pembalap sepeda, yang bisa mengayuh sepeda sampai 80/100 putaran per menit.

Anda bisa mencoba meningkatkan kecepatan bersepeda dengan terus berlatih setiap hari. Cobalah untuk menarik dan mendorong pedal antara kaki kanan dan kaki kiri secara perlahan. Banyaknya otot yang terkena dampak tekanan dapat membuat kaki jadi lebih ramping.

2. Ubah Posisi Tubuh

Agar tekanan pada saraf dan otot tidak selalu terkonsentrasi pada satu area tertentu, sesekali cobalah untuk mengganti posisi tubuh dan tangan Anda. Gerakkan sedikit siku, lengan, leher, dan punggung untuk mendapatkan posisi tubuh yang tepat.

Lengan dan siku dibuat santai agar lebih mudah ketika melewati jalan yang rusak. Selain itu, hindari berpegangan pada sisi setang yang melengkung untuk waktu lama. Sebab, dihawatirkan dapat membuat tangan, bahu, dan leher menjadi kram.

3. Bersepeda Setiap Hari Minimal 30—40 Menit

Sebuah penelitian kesehatan mengenai bersepeda menunjukkan bahwa 2—3 jam bersepeda dalam seminggu bisa menghambat kenaikan berat badan. Apabila Anda tergolong orang yang berlebihan berat badan, mulailah bersepeda setiap hari minimal 30—40 menit di medan datar.

Anda juga bisa menambahkan intensitas kesulitan medan atau waktu bersepeda. Jalan yang menanjak bisa menjadi tempat latihan yang cocok untuk memacu adrenalin.

Anda bisa bergabung di komunitas sepeda untuk bersepeda dalam jarak jauh secara berkelompok sehingga tidak terasa melelahkan. Selain itu, Anda juga bisa belajar bersama teman-teman bagaimana menjadi pesepeda yang handal.

4. Tetap Mengayuh di Jalan Menurun

Ketika Anda mendayung di medan yang menanjak, Anda mungkin mengayuhnya dengan susah payah dan berkeringat. Di sinilah asam laktat bertumpuk di otot dan dapat mengakibatkan nyeri pada otot. Asam laktat adalah hasil metabolisme yang karbohidrat yang diproduksi di sel otot.

Untuk mencegahnya, tetaplah mengayuh sepeda di jalan yang menurun. Walaupun sepeda tetap meluncur dengan baik tanpa dikayuh, nyatanya dengan mengayuh ringan di jalan menurun, Anda dapat menghilangkan asam laktat.

5. Pastikan Sepeda Sesuai dengan Tubuh Anda

Pastikan kerangka sepeda sesuai dengan tubuh Anda. Jika Anda memiliki postur tubuh pendek, Anda bisa mengatur tempat duduk sepeda agar lebih pendek lagi. Begitu pula sebaliknya jika Anda bertubuh tinggi.

Apa pun jenis sepedanya, harus disesuaikan dengan postur tubuh pengguna. Jika tidak cocok, maka akan mengakibatkan nyeri pada otot serta lebih rentan jatuh.

Itulah 5 tips bersepeda yang perlu Anda lakukan agar tubuh lebih sehat. Bersepdedalah minimal dua kali seminggu jika tidak bisa melakukannya setiap hari. Semoga bermanfaat, Miks!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like