4 Manfaat Tidur bagi Kesehatan dan Kualitas Hidup

Source: pexels.com

Hi, Miks!

Tidur sangat berpengaruh bagi kesehatan. Cukup tidur sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat, setelah lelah seharian beraktivitas. Kita perlu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Organ tubuh memerlukan waktu untuk mengembalikan kondisi pada keadaan semula.

Waktu tidur ideal antara tujuh sampai delapan jam sehari. Apabila waktu tidur berkurang, maka tubuh akan merasakan lelah. Hal tersebut menimbulkan masalah lain, yaitu stres.

Ketika seseorang memiliki kualitas tidur yang baik dan cukup, maka akan merasakan manfaatnya dan yang paling penting adalah kesehatan dan kualitas hidupnya akan meningkat.

Manfaat tidur banyak sekali, antara lain:

1. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Pada saat tidur, organ-organ tubuh melakukan perbaikan pada sel-sel tubuh. Sel mati akan diganti  dengan sel-sel yang baru sehingga pada saat bangun tidur, badan terasa segar.

Mata beristirahat pada saat tidur sehingga kedutan dan kejang otot mata dapat dihindari. Selain itu, kurang tidur akan mengakibatkan kantung mata, mata merah dan mata panda.

Bagi organ pencernaan, tidur adalah proses detoksifikasi. Saluran pencernaan akan mengalami metabolisme yang baik sehingga asam lambung tidak meningkat.

Tulang dan otot akan mengalami pengurangan kepadatannya apabila tidur kurang sehingga menghambat pertumbuhan.

2. Menurunkan Risiko Cidera

Memiliki kualitas tidur yang baik membuat orang lebih konsentrasi pada saat beraktivitas. Mengurangi risiko cidera pada kegiatan yang dilakukannya. Misalkan saja dalam berkendara dan bekerja. Pada saat tidur berkurang, maka tubuh akan lemah dan letih. Keletihan mengakibatkan orang bisa tidur sejenak di saat bekerja atau pun berkendara. Hal tersebut membahayakan dirinya atau pun orang lain. Kecelakaan kerja maupun kecelakaan berkendara seringkali terjadi akibat keletihan akibat kurang tidur.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Daya Pikir

Kondisi tubuh yang segar tentu akan berpengaruh pada otak. Ketika tidur, otak memproses,  memperkuat ingatan, dan memperkuat pikiran dalam mengambil keputusan. Otak juga menghilangkan hal-hal yang tidak penting. Kreativitas dan produktivitas seseorang meningkat ketika otak mendapat waktu cukup untuk beristirahat.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan tidur yang cukup, sistem kekebalan tubuh meningkat. Tidur adalah salah satu cara ampuh untuk menangkal flu. Dan tubuh akan kebal terhadap virus, kuman, dan bakteri pembawa penyakit apabila memiliki waktu pemulihan pada saat tidur.

Nah, demikianlah beberapa manfaat tidur bagi kesehatan. Tidur yang cukup dan berkualitas memiliki peran penting bagi kesehatan dan kualitas hidup lainnya. Anda lebih sehat, bahagia, dan produktif dalam bekerja.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like