Tanaman Janda Bolong Bantu Petani Bogor Hasilkan 95 Juta Rupiah. Ini Faktanya!

Source: ekbis.harianjogja.com

Halo, Miks!

Tanaman hias kembali naik daun selama masa pandemi. Ramai yang luang saat hobi baru untuk menemani-saat lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri di rumah saja.

Orang-orang berlomba-lomba mengoleksi tanaman hias, mulai dari yang murah sampai yang berharga ratusan juta rupiah. Tanaman hias yang sedang tren antara lain Aglonema, Caladium, Bonsai, hingga Janda Bolong.

Heboh Janda Bolong Terjual Seharga 95 Juta

Janda bolong merupakan tanaman dengan daun berlubang-lubang secara alami. Ada dua jenis tanaman dengan nama latin Monstera ini, yaitu adansonii dan epioremiodes.

Adansonii memiliki ciri khas antara lain: daun lebih oval, warna hijau tua dan bolongnya lebih kecil, sedangkan epioremiodes bercorak daun panjang, warna daun hijau muda dan bolong daunnya lebih banyak dan besar.

Fenomena tanaman hias ini begitu dahsyat hingga harganya ada yang mengalahkan sepeda Brompton, sepeda lipat asal Inggris yang mana rata-rata sepeda tersebut dijual dengan harga 50 juta rupiah di Indonesia.

Seperti yang terjadi pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 di Bogor. Publik dikejutkan dengan terjualnya tanaman hias Janda Bolong seharga 95 juta rupiah. Sungguh harga yang fantastik untuk sebuah tanaman.

Tanaman dengan nama latin Monstera adansonii variagated ini dibeli oleh orang Indonesia yang berdomisili di Jakarta. Menurut Iwan, pegiat tanaman hias yang berhasil menjual Janda Bolong dengan varietas langka tersebut, harga tanaman tergantung pada kualitas dan kelangkaannya.

Iwan mendapatkan jenis Monstera adansonii yang eksotik di Jepang dan Thailand. Sebelumnya pada Mei 2019, Iwan juga pernah menjual Janda Bolong pada seorang kolektor asal Australia bernama Jeff dengan harga USD 3.500 atau 50 juta rupiah.

Tanaman Hias Paling Mahal di Dunia, Solusi di Masa Pandemi

Sebelum membeli dan membudidayakan tanaman hias, baik Anda memahami betul dan melakukan riset pasar terhadap harga tanaman yang pernah atau kerap berubah-ubah ini.

Tahukah Anda apa saja tanaman hias yang memiliki harga termahal di dunia? Berikut tiga jenis tanaman hias termahal di dunia, melansir dari Worthly.

1. Juliet Rose ($ 3—5 Juta)

Juliet Rose atau mawar Juliet ini memiliki kelopak bunga indah dan tone warna bunga yang lembut. Selain itu, mawar Juliet ini baru bisa dipanen setelah 15 tahun. Tak heran harganya dibanderol begitu tinggi.

2. Anggrek Nongke Shenzhen ($ 200 ribu)

Dikembangkan oleh para ilmuwan petani Tiongkok, tanaman mahal ini merupakan hasil olah buatan manusia. Penamaan bunga ini diambil dari nama Universitas Nongke Shenzhen, tempat bunga tersebut mulai dirancang dan dibuat.

3. Anggrek Rothschild ($ 5 ribu per tangkai)

Anggrek Rothschild atau Emas Kinibalu ditemukan pada tahun 1987. Keberadaannya hampir punah karena penjarahan. Saat ini, bunga langka ini hanya dapat ditemukan di sebagian kecil Taman Nasional Kinibalu di Malaysia.

Ada pun beberapa tanaman langka termahal di Indonesia antara lain adalah Anggrek Hitam Papua, Bonsai, Monstera, Anthurium, dan Red Aglaonema.  Melihat pasar yang begitu besar terhadap tanaman hias, tentunya tanaman bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjadi salah satu solusi di masa depan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like