Skincare pun Bisa Menyebabkan Alergi, lo! Yuk, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Source: kiss.ie

Hai, Miks!

Skincare atau produk perawatan kulit lazim digunakan oleh setiap wanita di dunia ini untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Skincare terbuat dari berbagai macam bahan, baik yang natural maupun sintetis. Bahan-bahan ini mempunyai manfaat yang beragam. Kandungan bahan pada skincare disesuaikan dengan jenis kulit dan tujuan penggunaannya. Ada yang mengandung pelembab, mencerahkan kulit, bahkan mengurangi kerutan.

Meskipun begitu skincare dan kosmetik pun dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang.

Alergi memang bisa dialami oleh semua orang, hanya faktor pencetusnya yang berbeda-beda pada tiap orang.  Alergi terjadi karena reaksi tubuh terhadap allergen, yaitu unsur asing yang dikenali sebagai zat berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Bila Anda mengalami ruam kemerahan setelah mencoba skincare baru, itu adalah salah satu tanda Anda mengalami alergi.

Berikut tanda-tanda alergi yang umum timbul akibat pemakaian skincare:

Ruam atau Tanda Kemerahan pada Kulit

Ruam bisa timbul di mana saja terutama di bagian wajah yang sensitif seperti di area mata.

Bengkak

Alergi bisa menyebabkan bengkak. Biasanya terjadi pada area mata dan bibir. Mata jadi terlihat sembab dan bibir tampak lebih tebal.

Jerawat atau Bruntusan

Alergi pun bisa menimbulkan jerawat ataupun bintil-bintil kecil seperti biang keringat yang biasa disebut bruntusan. Terkadang jerawat tidak langsung timbul pada pemakaian pertama tetapi baru muncul kemudian. Bisa saja jerawat baru muncul setelah beberapa hari pemakaian produk skincare tersebut.

Biduran

Biduran atau bentol-bentol yang terasa gatal juga bisa timbul akibat alergi skincare. Bentol-bentol ini bisa muncul di seluruh permukaan wajah yang terpapar allergen. Biasanya disertai warna kemerahan dan terasa gatal atau panas.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut,  berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

1. Segera Hentikan Pemakaian Produk yang Menyebabkan Alergi

Cari tahu produk skincare apa yang menyebabkan alergi tersebut. Sebaiknya Anda tidak mencoba beberapa produk baru dalam waktu yang bersamaan. Usahakan hanya mencoba satu produk dalam satu waktu. Hal ini agar lebih mudah menentukan produk mana yang menyebabkan alergi.

2. Bersihkan Wajah

Cuci wajah dengan sabun muka yang biasa digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa produk yang menyebabkan alergi tersebut.

3. Hindari Pemakaian Kosmetik dan Skincare Sementara Waktu

Saat mengalami alergi, kulit wajah sedang dalam kondisi yang sangat sensitif, oleh karena itu sebaiknya hentikan pemakaian kosmetik berat seperti foundation dan produk make up lainnya. Serta hindari menggunakan scrub wajah atau produk skincare yang mengandung AHA sementara waktu.

4. Konsumsi Antihistamin

Antihistamin dapat membantu meredakan gejala alergi yang timbul. Mengurangi rasa gatal, bengkak, kemerahan, dan ruam pada kulit.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala alergi yang timbul akibat pemakaian skincare. Namun, jika gejala alergi masih berlanjut atau bahkan semakin parah setelah beberapa hari, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like