5 Tips Mendampingi Anak Belajar Daring di Masa Pandemi

Hai, Miks!

Akibat pandemi COVID-19 saat ini pemerintah memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan metode belajar jarak jauh atau daring. Hal ini diterapkan guna menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas. Pembelajaran secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam pengawasan agar peserta didik terus melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan waktu belajar tatap muka.

Selain itu, sebagai penunjang kegiatan belajar di rumah perangkat teknologi seperti smartphone atau laptop serta jaringan internet yang baik harus tersedia. Belajar daring juga sangat berkaitan dengan orang tua. Ayah dan ibu berperan dalam mendampingi anak belajar. Tentunya hal tersebut tidaklah mudah sebab pada dasarnya orang tua bukanlah guru yang memang memiliki dasar ilmu mengajar.

Masalah lain yang umum dirasakan ialah orang tua maupun anak mudah merasa bosan atau tidak menikmati proses belajar mengajar yang dilakukan di rumah. Anda sebagai orang tua dapat menerapkan strategi dalam mendampingi proses belajar mengajar di rumah, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan efektif. Apa sajakah?

1. Komunikasi dengan Pengajar

Jalin komunikasi yang baik dengan pengajar. Jika diperlukan, Anda juga bisa membuat grup chat khusus untuk membahas tugas yang diberikan. Selain itu, Anda pun dapat melaporkan tugas setiap harinya kepada pengajar.

2. Menyiapkan Perangkat KBM Sistem Daring di Rumah

Persiapkan perangkat yang dibutuhkan seperti smartphone dan laptop. Selain itu, pastikan pula mempunyai jaringan internet yang baik agar Anda dapat mengakses platform pembelajaran daring yang dibutuhkan tanpa kendala.

3. Membuat Situasi Nyaman dan Menyenangkan

Ciptakan suasana rumah yang aman dan nyaman. Pastikan kondisi belajar senyaman mungkin bagi anak supaya materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. Untuk mengurangi kebosanan Anda bisa memilih tempat yang berbeda-beda setiap sesi belajar. Sebagai contoh, hari ini di teras, esok di ruang tamu, dan sebagainya.

4. Mengelola Waktu dengan Baik

Terapkan aturan dalam proses belajar mengajar di rumah dengan disiplin. Pastikan anak tahu jam berapa harus mulai belajar, istirahat, melanjutkan belajar, makan, dan beribadah. Sebelumnya jangan lupa diskusikan dengan anak tentang pembagian waktu tersebut dan konsekuensi terbaik apa yang bisa diterapkan bersama.

5. Menyiapkan Mental dan Pikiran

Mendampingi anak belajar secara online jangan sampai stres. Pastikan Anda siap secara mental dan pikiran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Demikian beberapa tips mendampingi anak belajar secara daring. Disiplin, semangat, serta menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar pembelajaran jarak jauh berjalan efektif. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.