5 Alasan Mengapa Kita Perlu Cuek dan Masa Bodo

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Hidup ditengah masyarakat yang heterogen, menuntut kita menyesuaikan dengan segala aturan dan penilaian mengenai tindak tanduk, ucapan, dan perilaku individu di masyarakat. Akhir-akhir ini kita melihat banyak sindiran, kritikan yang dilayangkan masyarakat (netizen) terhadap selebriti, pejabat, dan idola atas perilaku mereka, terlepas benar dan tidaknya informasi yang beredar di tengah masyarakat. Bahkan, beredar film pendek yang lagi viral “Tilik” yang menggambarkan sekelompok ibu-ibu yang suka bergosip dan nyinyiran kehidupan orang dan seringkali perilaku tersebut kita lihat di dunia nyata.

Adanya tuntutan masyarakat terhadap perilaku kita membuat kita berusaha untuk memenuhi ekspetasi mereka dan lupa menyanyangi diri sendiri. Oleh karena itu, perlu ada usaha dari diri  pribadi untuk meluangkan waktu menyenangkan dan mencintai diri sendiri.

Inilah 5 alasan mengapa kita perlu bersikap cuek dan masa bodo dalam menghadapi penilaian buruk orang lain terhadap kita.

1. Berpikir Positif

Dengan  bersikap cuek anda bisa berpikir positif, segala kritikan baik yang membangun dan menjatuhkan akan diterima dengan lapang dada dan Anda akan mempunyai keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan keluarga.

2. Berprestasi

Jika Anda berprestasi baik dalam bidang pendidikan atau pun karier, stigma negatif akan berkurang karena tertutup dengan pencapaian Anda tersebut dan tentu saja prestasi tersebut harus Anda imbangi dengan rendah hati dan tidak sombong.

3. Sosialisasi

Bersikap cuek, tidak harus mengabaikan lingkungan sekitar, bersosialisasi itu perlu karena kita hidup di tengah masyarakat. Bertemanlah dengan orang yang bepikiran terbuka dan positif sehingga akan mempengaruhi kualitas kehidupan Anda.

4. Mencintai Diri Sendiri

Dengan bersikap cuek akan lebih mencintai dan menghargai diri sendiri dan tidak depresi terhadap gosip negatif yang beredar di lingkungan. Anda tidak perlu menjelaskan apa pun mengenai keadaan Anda pada orang lain, dan gosip akan mereda seiring berjalannya waktu.

5. Hanya Tuhan yang Tahu

Tanamkan pada diri sendiri bahwa hanya Anda dan Tuhan saja yang tahu akan keadaan Anda. Jika Anda berbuat benar, tetapi dianggap salah bersabarlah mungkin itu adalah ujian Tuhan untuk menguatkan hati Anda. Jadi, pasrahkan saja sakit hati dan doa terbaik kepada Tuhan.

Miks, itulah pentingnya bersikap cuek dan masa bodo dalam menghadapi gosip negatif terhadap diri kita di masyarakat. Jangan berkecil hati dan membalas sesuatu yang buruk dengan buruk pula, karena tidak pernah ada habisnya. Tetap semangat dalam mencapai tujuan hidup akan membuat lebih bahagia. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like