5 Kuliner Khas Jawa Timur, 4 di Antaranya Hanya Bisa Anda Jumpai Jika Berkunjung Ke Jawa Timur

Source: jabar.idntimes.com

Halo, Miks!

Membahas mengenai makanan tentu tak akan ada habisnya, apalagi bagi Anda pencinta kuliner. Topik kuliner pasti selalu menarik untuk dibahas, bukan?
Negeri kita kaya akan budaya, begitu juga dengan makanannya. Setiap provinsi tentunya memiliki makanan khas. Salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur. Meskipun sangat banyak, 5 di antaranya sangat khas, tetapi ada 4 makanan ini hanya dapat Anda jumpai jika berkunjung ke Jawa Timur.
Mau tahu apa saja makanan khas Jawa Timur? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Lontong Balap

Namanya lontong balap, Apa yang terpikirkan? Dari namanya saja sudah unik kan, Miks? Lontong balap merupakan makanan khas Jawa Timur. Makanan ini bisa dijumpai sepanjang Kota Surabaya karena banyak dijual di pinggir-pinggir jalan.

Makanan ini terdiri dari beberapa bahan dasar yaitu tauge, tahu, mi, lentho, lontong. Untuk bumbunya di sini yang khas adalah adanya rasa jahe. Perpaduan bawang merah, bawang putih, daun seledri, daun bawang, serta jahe dan sebagai pelengkapnya adalah sambalnya. Sambalnya adalah sambal kecap.

2. Tahu Tek

Tahu tek ini juga banyak digemari karena aroma bumbu kacangnya yang bikin ngiler. Tahu tek merupakan perpaduan antara tahu yang digoreng bersamaan dengan telur. Penyajiannya terdapat lontong, kecambah, daun bawang, bawang goreng, dan dilumuri dengan sambal kacang serta tak lupa ditaburi dengan kerupuk.

3. Rawon

Bagi Anda penggemar daging sapi, salah satu makanan khas Jawa Timur yang patut dicoba adalah rawon. Rawon memiliki ciri khas kuah yang cokelat kehitaman rasanya pun khas. Warna dan rasa khas ini diperoleh dari rempah kluwek. Serta dilengkapi dengan sambal tomat dan terasi yang khas rasanya. Jika biasanya rasa tomat dan terasi rata, tetapi pada rawon rasa terasi lebih dominan dari tomatnya. Ini bisa di jumpai hampir di setiap kota di Jawa Timur.

3. Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan salah satu makanan khas Kota Gresik. Nasi krawu disajikan dari beberapa isian yaitu daging sapi, sambal terasi hingga serundeng, kacang goreng. Yang membuat nasi krawu ini semakin lezat karena di sajikan dengan menggunakan daun pisang yang membuat rasa sedap nasi karena aroma khas yang berasal daun pisang.

4. Sate Madura

Pasti buat Anda, makanan satu ini sudah tak asing lagi karena hampir di seluruh kota di Indonesia penjaja sate sudah tersebar. Namun tahukah Anda, jika kuliner ini juga ternyata berasal dari Jawa timur, ho. Tepatnya berasal dari Kota Madura. Ada juga sate Ponorogo, perbedaanya ada pada bumbu kacangnya dan pengasapan daging ayamnya. Jika sate madura daging ayam dipanggang matang sampe kecokelatan. Berbeda dengan sate ponorogo daging ayam harus di rebus telebih dahulu sebelum di panggang. Sate Madura tidak hanya daging ayam saja, tetapi juga daging kambing menjadi andalan.

5. Lontong Kupang

Makanan khas beriutnya adalah lontong kupang. Bagi orang Jawa Timur makanan ini sudah populer terutama di kota Pasuruan, Sidoarjo, dan Surabaya karena Kupang hanya di temui di daerah pesisir. Kupang merupakan salah satu hewan laut seperti kerang, tetapi lebih kecil lagi ukurannya. Kupang ini dikupas, dibersihkan kemudian akan direbusbhingga matang.

Makanan ini memiliki rasa khas ada manis-manisnya dilengkapi dengan lentho gorengnya yang terbuat dari perpaduan singkong, kacang kedelai yang dihaluskan dan dibumbui kemudian digoreng dan tak ketinggalan juga lontong sebagai karbohidrat. Kupang ini konon juga bisa buat mengobati sakit cacar dan mengembalikan daya tahan tubuh. Anda penasaran? Jangan lewatkan makanan khas satu ini jika kalian berkunjung ke Jawa Timur.

Itulah beberapa kuliner khas Jawa Timur. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like