Tips Memasak Daging Empuk dengan Bahan Sederhana

Hai, Miks!

Pernah masak rendang daging sapi atau gulai daging kambing? kira-kira berapa lama biasa memasaknya sampai daging benar-benar empuk? Penulis pernah menghabiskan waktu memasak 4 hingga 5 jam. Cukup menguras tenaga, menghabiskan gas, dan waktu.

Namun, setelah membaca lebih banyak lagi,  penulis mendapat beberapa cara, tips, dan trik agar daging bisa empuk tanpa perlu menghabiskan waktu berjam-jam serta menghabiskan banyak gas. Lumayan menghemat baiay, waktu, dan tenaga, ditambah lagi bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapatkan di warung terdekat.

Simak tips dan trik membuat daging empuk dengan bahan berikut ini:

1. Jeruk Nipis

Selain dapat memperkaya rasa makanan agar asam dan menyegarkan. Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk memasak daging. Salah satu bahan yang dapat menghilangkan bau amis pada daging adalah jeruk nipis, bahkan jeruk nipis juga bisa dipakai untuk membuat daging menjadi empuk.

Caranya, cukup lumuri daging yang akan dimasak dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian, rendam daging bersama air perasan jeruk nipis beberapa saat agar air perasan jeruk nipis dapat menyerap ke daging.

2. Daun Pepaya

Bahan kedua yang dapat membuat daging lebih lunak adalah daun pepaya. Biasanya, daun pepaya digunakan untuk melunakkan daging kambing, tetapi Anda bisa mencobanya untuk daging-daging yang lain.

Caranya, bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya, kemudian diamkan selama beberapa menit agar daun pepaya bereaksi dengan daging.

3. Buah Nanas

Buah nanas dikenal dengan rasanya yang manis dan asam, memang sangat digemari masyarakat Indonesia. Selain memiliki vitamin yang tinggi, buah nanas juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukan daging.

Cara penggunaannya adalah memakai nanas muda yang sudah dihaluskan dengan cara diblender atau diparut. Kemudian, balurkan tipis-tipis ke daging yang sudah dicuci bersih.

Perlu diingat, untuk membalurkan tipis nanas ke daging karena jika terlalu banyak, rasa daging juga akan berubah.

4. Tomat

Buah sekaligus sayur berwarna merah ini memang banyak sekali kegunaannya. Selain membuat rasa masakan menjadi lebih enak, tomat juga dapat dipakai untuk membuat daging empuk.

Dengan memblender tomat, kemudian remas-remas daging yang sudah dicuci bersih dengan hasil blender tomat tersebut dan diamkan selama beberapa menit.

Nah, itu beberapa bahan sederhana dan mudah ditemui di sekitar kita semua yang bisa membantu untuk memasak daging agar lebih cepat empuk. Selamat mencoba di rumah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.