3 Bahan Mudah dan Murah untuk Awet Muda serta Sehat

Source: alodokter.com

Hai, Miks!

Jika ada pilihan antara sehat atau awet muda, Anda pilih mana? Kalau bisa, sih, sehat dan bugar serta awet muda seperti dambaan semua orang, ya. Bicara tentang awet muda dan kesehatan, tak lepas dari kata “perawatan” yang  identik dengan klinik atau salon kecantikan yang mahal dan produk-produk yang berjibun banyaknya sehingga sebagai konsumen harus selektif dalam memilih.

Nah, kali ini ada beberapa bahan yang murah dan mudah untuk mendapat manfaat sehat dan awet muda. Semuanya mudah ditemukan di lingkungan Anda dan telah dipraktekkan oleh banyak orang termasuk saya sendiri. Kuncinya adalah rutin dan telaten.

1. Konsumsi Air Putih

Artis senior Titiek Puspa pernah mengungkapkan rahasia awet mudanya pada media, yaitu minum air putih secara rutin. Setelah bangun tidur minum air putih minimal 4 gelas. Tentunya tidak langsung, tetapi bertahap.

Dilansir dari Kompas.com Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes juga membagikan informai mengenai manfaat minum air putih setelah bangun tidur dalam laman resminya di antaranya melancarkan metabolisme tubuh, membersihkan usus, memperlancar BAB dan meremajakan otot dan sel-sel darah serta melembabkan kulit.

Disarankan minum air putih pada saat perut kosong. Beri jeda antara waktu minum dengan berkegiatan lain agar bisa terkonsumsi setidaknya 4 gelas air sebelum Anda makan pagi. Misalnya bangun pukul 5 pagi dan sarapan pukul 8 ada selang waktu 3 jam yang cukup panjang untuk bisa beraktivitas dan diselingi minum air putih 4 gelas.

2. Jeruk Nipis Peras

Jeruk nipis adalah si kecil bermanfaat besar. Jeruk nipis sudah terpercaya sebagai peluruh lemak. Nah, ketika Anda meminumnya di pagi hari, bayangkan tenggorokan dan usus Anda terbersihkan oleh cairan jeruk nipis ini.

Dikutip dari idntimes.com, manfaat paling optimal dari jeruk nipis peras bisa diambil saat Anda meminumnya dalam kondisi perut kosong. Vitamin C pada jeruk nipis meningkatkan system imun dan memperbaiki mood pagi hari serta antioksidannya bisa mengurangi penuaan dini dan mencegah kanker.

Untuk mengkonsumsi cukup diperas dan diminum langsung atau tambahkan madu. Bisa juga ditambah sedikit air putih bila tidak tahan dengan keasamannya. Perasan jeruk nipis yang dioleskan ke wajah mampu mencerahkan kulit, mengurangi minyak berlebih dan menyamarkan jerawat. Namun, hati-hati jangan terkena kulit yang terkelupas karena perihnya minta ampun!

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya kini sedang naik daun karena dalam salah satu talkshow di televisi swasta, seorang artis yang terkenal awet muda menyatakan bahwa setiap pagi beliau mengkonsumsi lidah buaya dan mengoleskan gel lidah buaya ke wajah. Bukan mustahil karena lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E serta antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Dikutip dari alodokter.com, lidah buaya juga kaya enzim yang membuat kulit awet muda, menghaluskan dan mempercepat penyembuhan luka. Sebelum mengaplikasikan lidah buaya alami ke kulit sebaiknya di tes dulu di area yang tidak terlihat untuk mengecek reaksi alerginya. Mengkonsumsi jus lidah buaya juga sangat banyak manfaatnya, namun jika Anda sedang dalam pengobatan penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Menggunakan bahan alami memang harus sabar karena hasilnya tidak bisa instant. Namun, selayaknya investasi jangka panjang buahnya akan kita petik kemudian. Percayalah proses tidak akan mengkhianati hasil.

4 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like