3 Tips Membangun Kebersamaan Keluarga untuk Ciptakan Keharmonisan!

Source: unsplash.com

Hai Miks!

Beragamnya aktivitas anggota keluarga seringkali mengesampingkan kebersamaan, baik secara ruang maupun waktu. Masing-masing anggota keluarga sibuk dengan aktivitasnya. Ayah dan ibu yang pulang larut karena padatnya urusan pekerjaan, bahkan sering kali keberadaan mereka di rumah ketika akhir pekan juga masih terhubung dengan pekerjaan. Anak-anak juga sibuk dengan tugas sekolah, games dan gawai. Ketika akhir pekan pun mereka memiliki aktivitas sendiri dengan gawainya. Apa sebenarnya fungsi dan manfaat dari kebersamaan keluarga? Bagaimana menciptakan kebersamaan tersebut?

Kondisi tersebut di atas, menjelaskan bahwa kebersamaan dengan keluarga menjadi sesuatu yang sangat langka dan sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita saat ini. Mengingat kesibukan aktivitas masing-masing anggota keluarga. Hal ini tentu memiliki dampak yang kurang baik terutama dalam hal keharmonisan antar anggota keluarga. Satu sama lain tidak memiliki kepekaan atas apa yang sedang dilakukan, permasalahan, kegembiraan dan sebagainya. Semua berorientasi kepada diri sendiri, tidak peduli dengan anggota keluarga yang lain. Hanya menjalankan tugas secara rutin tanpa memberikan makna pada aktivitasnya.

Kebersamaan keluarga berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan keharmonisan dalam keluarga yang dibutuhkan agar segala sesuatunya berjalan secara seimbang dan membahagiakan. Sesuatu yang harmoni tentu memberikan kebaikan bagi seluruh anggota keluarga. Tidak ada yang kurang ataupun berlebih. Misalnya saja kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya tidak hanya sebatas membiayai, tetapi waktu luang untuk berdiskusi, kepedulian dengan bertanya mengenai aktivitas dan keadaan.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun kebersamaan keluarga dan ciptakan keharmonisan. Keharmonisan memberikan pengaruh yang selalu positif sehingga hal-hal baik akan selalu hadir. Permasalahan akan dengan mudah mendapatkan jalan keluar tanpa ada konflik berkepanjangan dan saling menyakitkan. Berikut adalah tips sederhana yang sangat mudah untuk dipraktikkan.

1. Ciptakan Waktu Bersama

Banyak waktu yang bisa dipilih dan ditentukan agar dapat menjadi sarana bersama dengan keluarga. Misalnya makan bersama saat sarapan dan makan malam. Luangkan fokus dan waktu untuk saling menyapa, bercengkrama ringan, menanyakan kabar dan aktivitas yang akan serta sudah dilakukan. Hadirkan waktu bersama ini adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu dalam keluarga.

2. Lakukan Kegiatan Bersama 

Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama adalah membersihkan rumah, merapihkan pekarangan atau halaman rumah, memasak, menonton, karaoke, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam melakukan aktivitas bersama, ada hal yang penting untuk ditetapkan agar kegiatan berlangsung dengan baik. Setiap anggota keluarga tidak diperkenankan untuk terhubung dengan aktivitas di luar. Intinya tidak diperbolehkan memegang ponsel, games, dan sarana lainnya yang mengganggu fokus kegiatan bersama. Hadirkan hal-hal yang menyenangkan, pembicaraan ringan, dan canda tawa. Kedekatan akan terjalin dengan dengan sendirinya ketika rutin dilakukan.

3. Selalu Terhubung dengan Anggota Keluarga

Kebersamaan keluarga tidaklah selalu dalam wujud fisik atau ruang, tetapi juga waktu, artinya sesibuk apa pun aktivitas anggota keluarga, sempatkan untuk saling menyapa. Teknologi canggih saat ini sangat membantu untuk wujudkan kebersamaan meski jarak, ruang, dan waktu berbeda. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bisa terhubung satu dengan yang lainnya.

Kebersamaan sangat penting bagi keharmonisan keluarga. Untuk itu perlu menyiapkan waktu dan aktivitas bersama serta selalu terhubung. Kesibukan bukanlah alasan untuk lalai atas pemenuhan hak keluarga. Keluarga adalah harta yang paling berharga, kebersamaan adalah penghantar kehangatan diantara anggota keluarga. Jangan tunda kebahagiaan yang sebenarnya dekat sekali dengan kita.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like